Harkopnas 2019, Kemenkop UKM Fokus Gaet Generasi Milenial

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
24 Juni 2019   18:00

Komentar
Harkopnas 2019, Kemenkop UKM Fokus Gaet Generasi Milenial

Ilustrasi koperasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Hari Koperasi Nasional yang diperingati pada 12 Juli 2019 di Purwokerto, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) akan berfokus kepada para kaum millenial.

Ketua Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang mengungkapkan, bahwa tujuan tersebut agar para millenial bisa mengenal lebih dalam mengenal koperasi.

"Sasaran kami untuk para generasi millenial. Karena koperasi kan biasanya diidentikkan dengan kaum-kaum tua. Jadi, pada momentum kali ini, kami mengajak para pemuda, selain untuk menjadi peserta acara, juga sebagai pengurus acara," ujarnya saat acara konferensi press Harkopnas 2019, di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Senin (24/6).

Baca Lainnya : Koperasi Wanita Purworejo Gandeng Perusahaan Korea Tingkatkan Kualitas Gula Kristal Organik

Selain itu, pelaksanaannya Harkopnas 2019 juga akan dibantu oleh kaum muda. Seperti contohnya saja mahasiswa-mahasiswa dari universitas-universitas di Purwokerto yang dijadikan sebagai pemandu tamu acara.

Adapun perayaan Harkopnas terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, seperti Gerak Jalan Sejuta Koperasi, yang telah dilaksanakan di beberapa kota sejak Maret lalu. Lalu Renungan Suci dan Ziarah ke makam tokoh-tokoh koperasi Indonesia dan perayaan puncak Harkopnas, yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Acara ini berupa rangkaian, sudah mulai dari Maret kemarin, sampai Oktober. Puncaknya akan diadakan di Purwokerto, dengan agenda Jambore Koperasi, di Bumi Perkemahan Batu Raden. Siangnya, sekitar pukul 13.00, kita akan mulai Grebeg Koperasi," ujarnya.

Baca Lainnya : Pemberdayaan Koperasi dan UKM Semakin Berkembang 5 Tahun ke Depan

Terpilihnya Purwokerto sebagai tempat puncak acara adalah karena kota ini memiliki kaitan sejarah yang cukup erat dengan koperasi.

Dirinya mengungkapkan, Purwokerto merupakan tempat kelahiran koperasi pertama di Indonesia yang juga cikal bakal Bank Rakyat Indonesia (BRI). Konsep ekonomi kerakyatan ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang patih bernama Raden Wiryaatmaja pada tahun 1896 silam.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi pada 12 Juli 2019 di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Mengusung tema ”Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0’, perayaan Harkopnas diperkirakan akan dihadiri sekitar 20.000 masyarakat koperasi dan stakeholders koperasi dari seluruh Indaonesia. 

Peringatan Hari Koperasi 2019 dirayakan secara agak berbeda. Untuk pertama kali, puncak peringatan Harkopnas digelar di lbu Kota Kabupaten, yaitu Kota Purwokerto, lbu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selama ini, puncak peringatan Harkopnas selalu diselenggarakan di lbu Kota Provinsi. 

Baca Lainnya : Koperasi Harus Manfaatkan Dana KUR untuk Kembangkan Usaha

Selain terobosan baru memilih Kota Kabupaten, kegiatan Harkopnas 2019 juga bervariasi dan berlangsung dalam periode cukup lama, 8 bulan, yaitu dari Bulan Maret hingga Oktober 2019. Perayaan puncak Harkopnas 2019 juga sangat kental dengan warna milenial serta bernuansa budaya dan kearifan lokal. 

”Dekopin dan Pemerintah (Kemenkop dan UKM) selalu berupaya agar Hari Koperasi yang dirayakan setiap tahun menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholders gerakan koperasi nasional. Lebih dari itu, Harkop merupakan momentum tahunan sebagai upaya secara terus-menerus mempromosikan koperasi sebagai sistem ekonomi berkeadilan yang menyejahterakan,” katanya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: