Taman Baca Masyarakat Mulai Dibangun di Pelosok Garut

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
31 Mei 2019   08:30

Komentar
Taman Baca Masyarakat Mulai Dibangun di Pelosok Garut

Ilustrasi taman baca anak-anak (Foto : Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi G)

Trubus.id -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan, saat ini Taman Baca Masyarakat (TBM) yang dikelola sejumlah komunitas di pelosok Garut mulai bermunculan. Taman bacaan yang mulai berkembang di Garut diupayakan dapat mendorong minat baca masyarakat untuk menuju hidup yang lebih baik.

"Kami bersyukur karena Taman Baca Masyarakat di Garut khususnya di Garut selatan saat ini banyak bermunculan," ujat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Lisnawati melalui siaran pers di Garut, Kamis (30/5).

Dikatakannya, kehadiran taman bacaan tersebut menjadi indikator bahwa di suatu daerah masyarakatnya telah menuju ke arah yang lebih baik.

Baca Lainnya : Kemenristekdikti Dukung Mahasiswa Calon Pendidik Bangun Budaya Baca

Saat ini, Pemda juga terus menjalin kerja sama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) dalam menjalankan program meningkatkan minat baca ke seluruh lapisan masyarakat.

"Masyarakat Garut sekarang menuju ke arah masyarakat literat, oleh karena itu, pihaknya melakukan koordinasi dan sinergi dengan para pegiat khususnya FTBM Garut untuk melakukan langkah-langkah strategis," ujarnya.

Salah satu program yang telah dijalankan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut bersama FTBM Garut yakni melakukan kegiatan Safari Literasi ke para pegiat TBM di Kecamatan Pakenjeng dan Bungbulang.

Baca Lainnya : Bakti Literasi Desa Membangun Gerakan Menulis dan Membaca Masyarakat

Kegiatan Safari Literasi melibatkan 10 pegiat literasi yang berasal dari Garut selatan yang penyelenggaraannya di TBM Sarang Lebah, Desa Mekarjaya, Kecamatan Bungbulang.

Sementara itu, Ketua FTBM Garut, Roni Nuroni menyampaikan, Safari Literasi tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pegiat terkait peningkatan layanan kegemaran membaca kepada masyarakat, penajaman rencana kegiatan dan koordinasi persiapan Kemah Literasi FTBM Garut.

Menurut Roni, Safari Literasi juga sebagai ajang silaturahmi dengan beberapa TBM di Garut yang sampai saat ini banyak bermunculan berbagai gerakan dan program di daerah masing-masing.

"Ini tentunya membuktikan, masyarakat Garut sadar akan literasi, tinggal memfasilitasi saja," katanya seperti dikutip dari Antaranews. [NN] 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: