Kualitas Koperasi di Kalteng Meningkat dalam Tiga Tahun Terakhir

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
27 Mei 2019   12:00

Komentar
Kualitas Koperasi di Kalteng Meningkat dalam Tiga Tahun Terakhir

Ilustrasi koperasi (Foto : Trubus.id/Iwan)

Trubus.id -- Evaluasi yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Tengah mengungkapkan dalam tiga tahun terakhir, jumlah koperasi yang masuk dalam kategori sehat terus meningkat.

"Sejumlah indikator menjadi penentu sehat atau tidaknya koperasi, salah satu yang utama adalah rutin melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT)," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Lies Fahimah di Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, peningkatan kualitas koperasi di wilayahnya berkat kerja keras pihaknya bersama Dinas Koperasi di kabupaten dan kota yang secara terus menerus melakukan evaluasi dan pembinaan.

Baca Lainnya : Kurang SDM dan Pengelolaan Buruk, Ratusan Koperasi di Ambon Tumbang

Sebelumnya diketahui, pada 2016 lalu hanya ada sebanyak 405 koperasi yang menggelar RAT. Lalu meningkatkan menjadi 437 koperasi pada 2017 dan kembali meningkat menjadi 502 koperasi pada 2018 lalu.

"Secara bertahap kami bersama pihak kabupaten dan kota, terus berupaya memacu dan mendorong agar jumlah koperasi yang benar-benar sehat di Kalteng bertambah," ujarnya.

Bahkan untuk menungkatkan kualitas koperasi, sejumlah koperasi secara resmi telah dibubarkan sesuai aturan yang berlaku. Umumnya koperasi itu sudah lama tidak aktif dan setelah dilakukan upaya pembinaan, tetap tidak bisa mengikuti ketentuan.

Baca Lainnya : Koperasi Indonesia Alami Kemajuan Besar

Pada 2016 lalu jumlah koperasi di Kalteng adalah sebanyak 3.296 unit, kemudian di 2017 menurun menjadi 3.011 unit, hingga pada tahun lalu meningkat lagi menjadi 3.061 unit.

"Penurunan dan peningkatan jumlah koperasi di Kalteng, dipengaruhi adanya koperasi yang dibubarkan. Kami ingin pada akhirnya kuantitas koperasi diimbangi dengan kualitas yang memadai," terangnya seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Saat ini, mayoritas koperasi di Kalteng adalah koperasi simpan pinjam, namun ada pula koperasi yang sudah kreatif dan benar-benar dimanfaatkan sebagai badan usaha. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: