BUMDes di Kalteng Mampu Jawab Persoalan Pengangguran

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
22 Mei 2019   16:00

Komentar
BUMDes di Kalteng Mampu Jawab Persoalan Pengangguran

Ilustrasi kegiatan BUMDes (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kalimantan Tengah memiliki peran penting dalam upaya menciptakan lapangan kerja baru sekaligus menjawab tantangan persoalan pengangguran.

"Dari tahun ke tahun, jumlahnya terus bertambah, hingga akhirnya kini berjumlah sebanyak 910 BUMDes," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalteng Hamka, Rabu (22/5).

Hamka mengungkapkan 910 BUMDes yang berdiri di Kalimantan Tengah menaungi sebanyak 3.250 orang, yang terdiri dari pengurus sebanyak 2.927 orang dan tenaga kerja sebanyak 323 orang. Keberadaan mereka di masing-masing BUMDes, tentunya saling mengisi dan bantu untuk meningkatkan kualitas dan pencapaian usaha yang dijalankan.

Baca Lainnya : BUMDes se-Jabar Diharapkan Saling Kolaborasi Tingkatkan Ekonomi

Menurutnya, kondisi BUMDes di Kalteng diklaim sehat yang dapat dilihat dari kontribusinya terhadap pendapatan asli desa (PADes) yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dimulai sejak 2015, kontribusi BUMDes terhadap PADes adalah sebesar Rp10 juta, meningkat menjadi Rp74 juta lebih pada 2016, Rp310 juta lebih pada 2017 hingga mencapai Rp630 juta lebih pada 2018.

"BUMDes di Kalteng terbagi dalam empat kriteria berbeda, yakni sebanyak 530 dasar, 346 tumbuh, 33 berkembang dan satu mandiri," terangnya.

Hamka menyampaikan, dari data yang dimilikinya, kabupaten dengan jumlah BUMDes terbanyak adalah Kapuas dengan 185 unit dan paling sedikit adalah Sukamara yakni delapan unit. 

Baca Lainnya : Pemprov NTT Inginkan Objek Wisata Pantai Liman Dikelola BUMDes

Setiap tahun, pihaknya terus mendorong semua desa memiliki BUMDes. Selain itu pemerintah kabupaten dan kota melalui DPMD diminta rutin dan berkala membina pemerintah desa maupun pengurus BUMDes agar mampu mengikuti kemajuan zaman dan berinovasi.

"Agar BUMDes bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal, kami mendorong terbentuknya Asosiasi BUMDes," kata Hamka seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Untuk itu, asosiasi BUMDes berguna sebagai wadah yang menghimpun BUMDes di seluruh wilayah dan menjadi sarana komunikasi yang memfasilitasi penguatan dan pengembangan BUMDes. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: