Bisnis Religi Domba dan Kambing Bawa Berkah untuk Masa Depan

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
21 Mei 2019   18:30

Komentar
Bisnis Religi Domba dan Kambing Bawa Berkah untuk Masa Depan

Pebisnis muda, Doddy Domba, owner dari Saung Domba Internasional (Foto : Trubus.id /Thomas Aquinus Krisnaldi)

Trubus.id -- Pebisnis muda, Doddy Domba, owner dari Saung Domba Internasional menilai bisnis domba dan kambing baginya adalah bisnis yang aneh. Walaupun dikatakan bisnis yang aneh, dirinya meyakini bahwa bisnis yang dilakukannya saat ini adalah wujud dari mimpinya yang ingin memberikan manfaat dan terhindar dari kepenatan Ibukota. 

“Kenapa domba kambing, mungkin itu yang selalu saya omongin, mimpi saya simple, engga mau tinggal di Jakarta, mau di daerah, mimpi besar saya adalah suatu saat punya Yayasan yatim sendiri di kandang dan di usia 40 cuman mau ibadah,” katanya saat ditemui Trubus.id di Edupark Saung Domba. 

Menurut Doddy, bisnis domba kambing dinilai belum terkenal saat itu. Dari situlah dirinya melihat peluang besar dari bisnis kedua hewan tersebut. 

Baca Lainnya : Franss, Pria Surabaya Ini Sukses Bisnis Batik Canting Nol

“Ini ada kunci yang belum kelar, lalu saya pelajari karena bisnisnya ada religi. Religi point, kita bayangin di Indonesia aqiqah di Indonesia berapa banyak?” ujarnya. 

Satu kali qurban bisa 2 juta ekor tiap tahun, sementara itu untuk kambing guling ramai dipesan tiap minggu untuk pernikahan. 

Saung Domba Internasional (Foto: Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi)

“Menurut saya salah satu yang paling keren dari domba kambing adalah ini bisnis yang syiar, agama. Qurban kita bantu orang qurban. Aqiqah kita bantu syiar aqiqah. Almost disitu,” katanya. 

Dengan branding Saung Domba Edupark, Doddy ingin mengubah citra peternakan yang selama ini terkenal sebagai tempat yang jorok dan bau menjadi lokasi yang nyaman untuk berkumpul. 

Baca Lainnya : Kunci Sukses ala Daniel Mananta Bangun Bisnis Produknya

“Ini mau saya rubah, kamu datang ke kandang ya menyenangkan, ngobrol, bisa menikmati, awalnya seperti itu,” ujarnya. 

Perubahan tersebut akhirnya membawa berkah bagi warga sekitar yang dapat menikmati tempat wisata di daerahnya. 

Saung Domba Internasional (Foto: Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi)

“Saya liat peluang, Sekarang kita punya lahan hampir 8000 hektar, kita kembangin akhirnya datang sekolah-sekolah” katanya.

Baca Lainnya : Sukses Bisnis Kue, Remaja 15 Tahun Hasilkan Belasan Juta dalam Satu Bulan

Diakui Doddy, ide pengembangan Kawasan Saung Domba Edupark datang dari warga sekitar yang menginginkan adanya tempat hiburan.

Sukses perjalanan Doddy juga membawa berkah dengan membuka peluang kerja. Saat ini, dirinya didukung sekitar 50 orang yang menjalankan bisnisnya tersebut. 

Dibalik sukses bisnisnya, Doddy juga membagikan ilmu melalui chanel youtubenya yang selalu di update tentang ternak kambing. Selain itu dirinya juga membuka eduargo yang memiliki sekitar 100 murid. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: