Petani Milenial Ini Buktikan Kalau Bertani Bisa Jadi Bisnis yang Menggiurkan

TrubusPreneur
By Diah Fauziah | Followers 0
19 Mei 2019   18:00

Komentar
Petani Milenial Ini Buktikan Kalau Bertani Bisa Jadi Bisnis yang Menggiurkan

Ariesman (memegang mikrofon), petani milenial saat menjadi pembicara di Bincang Asyik Pertanian, Jumat (17/5) lalu di Gowa. (Foto : Dok. Humas Kementan)

Trubus.id -- Sekarang ini, sudah banyak petani milenial yang membuktikan bahwa pertanian bisa menjadi bisnis menjanjikan. Setidaknya, itulah yang dialami Ariesman, agropreneur asal Makassar. CV Akar Hidroponik yang digerakkannya bisa menghasilkan keuntungan menggiurkan.

“Sekarang, setiap bulannya, kami sudah bisa memproduksi 20 hingga 30 kilogram sayuran hidroponik. Setidaknya, ada13 jenis sayuran yang kami produksi,” kata Ariesman, melalui keterangan resmi Kementerian Pertanian, kepada Trubus.id.

Baca Lainnya : Mahasiswa Unbaja Perkenalkan Budidaya Hidroponik di Anyer

Alasan Ariesman tertarik berbisnis sayuran hidroponik karena melihat adanya kebutuhan akan sayuran yang sehat dan aman dikonsumsi. Padahal, belum banyak pelaku usaha pertanian yang bergerak di usaha sayuran hidroponik. Dan, setelah menjalani usaha hidroponik, Ariesman melihat peluang untuk melakukan diversifikasi usaha.

“Perspektif kami terbuka untuk tidak lagi sebatas menjalankan praktik budi daya. Ada kesempatan untuk megembangkan pertanian hidroponik sebagai agrowisata,” bebernya saat menjadi pembicara di Bincang Asyik Pertanian (Bakpia) di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, Jumat (17/5).

Baca Lainnya : Perguruan Tinggi di Yogyakarta Cetak Petani Milenial Kota dengan Hidroponik

Ide untuk membuka agrowisata terbersit ketika Ariesman melihat kecenderungan warga kota yang senang menghabiskan akhir pekan di pedesaan. Dan, ketika agrowisata tersebut dibuka, terbukti jika mayoritas pengunjung yang datang berasal dari kota.

Saat ini, Ariesman juga membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang tertarik mermpelajari teknik budi daya hidroponik.

“Lewat pelatihan, kami ingin mengubah mindset masyarakat yang menganggap pertanian itu harus kotor-kotoran. Dengan teknik hidroponik, bertani bisa bersih dan menyenangkan,” terangnya. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: