Koperasi Harus Manfaatkan Dana KUR untuk Kembangkan Usaha

TrubusNews
Thomas Aquinus
10 Mei 2019   10:00 WIB

Komentar
Koperasi Harus Manfaatkan Dana KUR untuk Kembangkan Usaha

Ilustrasi kegiatan usaha koperasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemerintahan Kota Baubau mendukung koperasi yang sudah mapan untuk memanfaatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam mengembangkan usahanya.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Baubau, Yakub mengungkapkan, hal tersebut dapat dilakukan karena sesuai dengan hasil rapat koordinasi nasional (Rakornas) Koperasi di Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2-4 Mei 2019 lalu.

Dalam rakornas tersebut, Yakub menyampaikan semua Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia diminta agar mendukung koperasi dalam memanfaatkan dana KUR tersebut.

Baca Lainnya : Koperasi Bentuk Petani Memiliki Daya Saing Tinggi

"Karena dana KUR ini minimal bisa memberikan insentif bagi koperasi-koperasi yang masih membutuhkan pendanaan atau modal usaha yang lebih besar dalam mengembangkan usahanya," ujarnya seperti dikutip dari Antaranews, Kamis (9/5).

Namun begitu, Yakub mengakui, tidak semua koperasi bisa didorong memperoleh suntikan dana KUR, tetapi hanya koperasi yang memenuhi syarat atau koperasi yang betul-betul eksis (sehat) dalam pengembangan usahanya.

"Jadi hanya koperasi yang betul-betul eksis, bukan koperasi senin-kamis," katanya.

Baca Lainnya : Revolusi Industri Justru Membuat Koperasi Makin Dekat dengan Anak Muda

Yakub mengakui sebagai tindak lanjut dari hasil Rakornas tersebut, dirinya sudah meminta pejabat teknisnya untuk mengusulkan koperasi-koperasi yang layak difasilitasi mendapat dana KUR.

Saat ini tercatat ada 100 lebih koperasi di Baubau, namun diketahui hanya 32 koperasi yang dinilai bisa memenuhi syarat dan telah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) sesuai ketentuan.

"Kalau untuk koperasi di Baubau dominan bergerak di bidang usaha simpan pinjam, sementara untuk koperasi serba usaha masih sangat sedikit," katanya. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: