Bisnis Barang Antik, Keuntungannya Sangat Menggiurkan

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
09 Mei 2019   07:30

Komentar
Bisnis Barang Antik, Keuntungannya Sangat Menggiurkan

Stefani, kolektor barang antik (Foto : Karmin Winarta / Trubus.id)

Trubus.id -- Barang-barang kuno atau lawas tak selamanya tak bermanfaat. Benda-benda yang mempunyai nilai sejarah atau mempunyai keunikan lain bisa dihargai lebih mahal dibanding barang baru.

Uniknya, makin banyak orang yang berminat untuk memiliki barang atau benda-benda unik ini. Mereka adalah para kolektor yang tak segan membayar barang yang diinginkan dengan harga fantastis.Bisnis barang antik, keuntungannya sangat menjanjikan.

Salah satu pelaku bisnis benda barang-barang antik yang sukses adalah Stefani. Perempuan asal Semarang ini telah menekuni bisnis ini sejak 13 tahun lalu. Beberapa barang antik koleksinya adalah batik dan kebaya Peranakan, silver, perhiasan antik dan manik-manik kuno.

Ia memilih bisnis ini karena ia ingin benda-benda bersejarah itu bisa dilestarikan. Karena batik-batik yang ia koleksi mempunyai motif atau pakem kuno yang perlu dikenalkan kepada generasi sekarang.

“Barang-barang antik ini semakin langka semakin mahal dan dicari orang, “katanya kepada Trubus.id di acara Gelar Batik Nusantara (GBN) Kamis (9/5). Beberapa koleksinya bernilai ratusan juta rupiah. Salah satunya adalah selembar kain batik hokokai yang mempunyai motif langka.

Faktor yang membuatnya mahal, diantaranya karena kelangkaan motif, warna, usia, dan bahan dari kain batik yang unik.
Para pembeli benda-benda antik itu selain para kolektor pecinta barang antik adalah galeri, art shop dan pihak-pihak yang sedang mendirikan museum.

(Batik Hokokai yang berharga ratusan juta rupiah)

Tak hanya dari Indonesia, para kolektor ini juga banyak yang berasal dari luar negeri. 
“Karena mereka sudah percaya sama saya, biasanya kami melakukan transaksi online. Saya cukup kirim fotonya lalu nego-nego, deal dan langsung dikirim, “tambahnya.

Ia memperoleh barang-barang antik dari beberapa supplier yang ada di seluruh Indonesia. Setiap hari banyak orang datang ke galerinya yang ia namai Wayang Sakti.

Selain menjual barang-barang antik bernilai sejarang, Stefani juga membuat batik-batik motif kuno yang dimodifikasi sesuai kreasinya. 

Ke depan ia berencana untuk lebih mengeksplore barang-barang antik selain batik, kebaya dan perhiasan, kain adat dari seluruh Indonesia. Stefani juga ingin menciptakan produk-produk yang siap dipakai untuk para pecinta batik-batik langka. 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: