BUMDes Butuh Kreativitas Generasi Muda untuk Kelola Unit Usaha

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 Mei 2019   10:00

Komentar
BUMDes Butuh Kreativitas Generasi Muda untuk Kelola Unit Usaha

Ilustrasi unit usaha BUMDes (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai cocok melibatkan generasi muda dalam mengelola unit usaha yang dijalankannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat yang menilai BUMDes membutuhkan kreativitas generasi muda. 

"Saya minta dalam membuat unit usaha, Bumdes tidak terbawa pada paradigma lama seperti koperasi unit desa, karena antara Bumdes dan Koperasi unit desa jelas berbeda. Selain itu, saya juga menyarankan agar Bumdes yang ada bisa lebih mengutamakan unit usaha kreatif dengan melibatkan banyak anak muda," ujar Muda saat memberikan arahan pada kegiatan pembekalan manajerial bagi BUMDes di Sungai Raya beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya : Khofifah : BUMDes Berperan Penting Tumbuhkan Ekonomi Baru di Desa

Menurutnya, banyak unit usaha yang bisa di jalankan oleh BUMDes dengan memanfaatkan potensi lokal seperti membuat wisata lokal, jasa sub agen atau penyalur dan lain sebagainya.

"Cuma perlu saya ingatkan, jangan membuat usaha yang sudah dijalankan mayoritas masyarakat disana, agar tidak mematikan usaha masyarakat yang sudah ada," katanya seperti dikutip Antaranews.

Dirinya menjelaslan, melalui pelatihan manajemen BUMDes, diupayakan dapat memberikan bekal kepada BUMDes yang ada terkait pengelolaan yang lebih baik sehingga bisa lebih transparan, akuntabel dan sistematis.

Baca Lainnya : Barito Selatan Fokus Tingkatkan Perekonomian Desa Melalui BUMDes

"Ada baiknya jika Bumdes yang akan dibentuk bisa memasarkan produk masyarakat sekitar, tentu ini bisa lebih baik dan produk masyarakat juga bisa mendapatkan pasar yang sistemik. Makanya, orang-orang yang ada di Bumdes itu harus kreatif dan sudah memiliki pengalaman di bidang pemasaran," terangnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya, Nursyam Ibrahim menyampaikan hingga saat ini ketersediaan SDM yang berkualitas masih menjadi tantangan sendiri.

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Ungkap Indonesia Kini Memiliki 45.000 BUMDes

"Sampai saat ini permasalahan yang masih sering di alami oleh BUMDes adalah masalah SDM dimana banyak BUMDes yang sulit menemukan manajer untuk menjalankan usaha. Makanya kita sarankan agar BUMDes yang ada bisa melibatkan sarjana yang ada di desa untuk menjadi direktur Bumdes, sepanjang memenuhi persyaratan," ujar Nursyam.

Nursyam juga berharap melalui pelatihan tersebut, para peserta bisa lebih memaksimalkan keberadaan BUMDes di desanya sehingga bisa menjalankan unit usahanya dengan lebih baik. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: