Melody Charisma Kenalkan Tenun Ikat NTT ke Mancanegara

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers
08 Mei 2019   23:00

Komentar
Melody Charisma Kenalkan Tenun Ikat NTT ke Mancanegara

Melody Charisma, designer (Foto : Karmin Winarta / Trubus.id)

Selain batik tulis kini tenun, khususnya tenun warna alam Nusa Tenggara Timur makin dikenal luas. Namun di luar negeri, tenun warna alam NTT belum sepopuler batik.

Salah seorang designer yang fokus pada tenun ikat warna alam NTT, Melody Charisma mendapatkan pengalaman itu ketika mengikuti pameran di Singapura pada event Indonesia Fest 2019.

"Banyak pengunjung yang menyangka, tenun-tenun ikat NTT warna alam yang ia pamerkan adalah tenun Bangkok, Thailand, " katanya kepada Trubus.id di pameran Gelar Batik Nusantara (GBN) 2019 di JCC Senayan Jakarta, Rabu (8/5).

( Kain tenun ikat khas Pulau Palue) 

Karena itu gadis ini bertekad untuk lebih mengenalkan tenun, khususnya tenun ikat NTT ke berbagai negara. Dalam waktu dekat ia juga akan mengikuti pameran Indonesia Fest di Moskow, Rusia. 

( Karya Melody Charisma)

Menurutnya event GBN seperti ini cukup bagus untuk mengenalkan wastra indonesia selain batik, khususnya tenun ikat warna alam Sikka, Flores, Maumere dan Pulau Palue.

Sejak beberapa tahun lalu Melody memang telah berkolaborasi dengan penenun Sikka untuk menciptakan produk berkualitas yang ramah lingkungan.

Sampai sekarang kolaborasi tersebut telah berjalan. Kini ia telah mencipta ratusan design gaun cantik dari tenun ikat warna alam dari NTT.

Menurutnya motif-motif kontemporer yang kekinian banyak disukai oleh generasi milenial. Selain orang dewasa, para remaja juga menyukai design-designnya yang diberi lanel Racheli.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: