Ratusan UMKM Ramaikan Bazar Kampung Ramadan di Probolinggo

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
08 Mei 2019   11:00

Komentar
Ratusan UMKM Ramaikan Bazar Kampung Ramadan di Probolinggo

Bazar kampung Ramadan di Probolinggo (Foto : Dok Antara)

Trubus.id -- Ratusan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dilibatkan oleh Pemerintah Kota Probolinggo dalam kegiatan bazar di Kampung Ramadan dalam rangka bulan suci Ramadan 1440 Hijriah di Kota Probolinggo, Jawa Timur.

"Sebanyak 175 UMKM dan ratusan pelaku usaha terlibat dalam kegiatan Kampung Ramadhan di alun-alun Kota Probolinggo sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Probolinggo dalam menyambut bulan suci Ramadhan," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Gatot Wahyudi di Kota Probolinggo baru-baru ini.

Baca Lainnya : Meningkatkan Kapasitas UMKM Menjadi Pelaku Bisnis yang Berkelanjutan

Wahyudi mengatakan, Kampung Ramadan juga membantu memudahkan masyarakat memperoleh menu buka puasa yang penuh keberagaman dalam suasana silaturahmi dan meningkatkan kecintaan anak-anak pada budaya lokal dalam nuansa keagamaan, serta untuk meningkatkan pendapatan UMKM.

"Kegiatan Kampung Ramadan berlangsung 4-26 Mei 2019, sedangkan bazar di Kampung Ramadan berlangsung 4 Mei hingga 1 Juni 2019," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengungkapkan, bahwa tahun sebelumnya Pemkot Probolinggo melalui DKUPP juga telah menyelenggarakan bazar Ramadan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam persiapan berbuka puasa dan makan sahur.

Baca Lainnya : Menkop UKM Apresiasi Yogyakarta Sukses Bangun Koperasi dan UMKM

"Kegiatan itu juga memberdayakan UMKM dengan harapan pendapatan mereka meningkat di bulan Ramadhan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya berupaya meningkatkan kegiatan tersebut supaya lebih bermakna dengan menghiasi hari-hari menjelang berbuka dengan kegiatan lomba keagamaan sekaligus meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan.

"Setelah ibadah shalat tarawih, di Kampung Ramadhan juga dimanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya, sehingga suasana malam hari di alun-alun Kota Probolinggo selama Ramadhan tahun ini akan penuh dengan nuansa keagamaan, dzikir dan shalawat," ujarnya seperti dikutip Antaranews.

Habib Hadi mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Probolinggo untuk senantiasa tetap menjaga situasi yang kondusif, saling toleransi dan memperbanyak amalan-amalan ibadah, serta meramaikan masjid-masjid dengan dzikir dan shalawat selama bulan suci Ramadan. [NN]   

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: