Meningkatkan Kapasitas UMKM Menjadi Pelaku Bisnis yang Berkelanjutan

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
07 Mei 2019   19:00

Komentar
Meningkatkan Kapasitas UMKM Menjadi Pelaku Bisnis yang Berkelanjutan

Ilustrasi pelaku UMKM (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Di era global saat ini, bisnis dituntut untuk berkontribusi pada aspek sosial dan lingkungan masyarakat. Dikenal sebagai prinsip sustainability business (prinsip bisnis keberlanjutan) bisnis yang peduli terhadap isu kesejahteraan sosial dan lingkungan dianggap dapat memperluas jangkauan pasar, membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen, hingga mempermudah akses terhadap pasar ekspor. Hal ini dikarenakan prinsip tersebut turut membangun reputasi dari produk dan jasa yang ditawarkan oleh usaha tersebut. 

Di Indonesia sendiri, melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK no.51/2017), bank dan perusahaan terbuka secara publik diwajibkan untuk mempraktikkan prinsip bisnis berkelanjutan tersebut. Bank mulai didorong untuk menyalurkan data kredit bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan usaha besar yang memiliki prinsip berkelanjutan. 

Baca Lainnya : Menkop UKM Apresiasi Yogyakarta Sukses Bangun Koperasi dan UMKM

Dalam rangka membantu UKM dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan meningkatan kapasitas UKM, Bina Swadaya bekerja sama dengan Global Reporting Initiative (GRI) serta APINDO dan UKM Indonesia menyelenggarakan workshop “Straregi Komunikasi dan Pelaporan Bisnis UMKM untuk Memperluas Pasar” selama dua hari di Wisma Hijau, 13-14 Mei 2019. 

"Kita akan belajar tentang bagaimana membuat membuat visi dan misi perusahaan dan laporan berkelanjutan (sustainability report), sekaligus membuat data basenya. Sangat bermanfaat buat PT dan BPR/Koperasi jika harus presentasi pada pihak luar untuk membangun kerjasama," ujar Eri Trinurini salah satu anggota Pengurus Yayasan Bina Swadaya, Selasa (7/5).

Baca Lainnya : Calon Wirausaha Baru UMKM Malang Lakukan Pelatihan Soal Rotan Sintetis

Adapun tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UKM dalam memetakan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup yang telah dilakukan untuk dikembangkan menjadi strategi branding/marketing, yang disusun ke dalam bentuk company profile dan laporan berkelanjutan terstruktur. 

Dalam proses ini, GRI akan memberikan akses terhadap platform digital dan template secara gratis untuk dimanfaatkan oleh UKM dalam menulis laporannya yang akan dibantu secara berkala oleh GRI. 

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja daftarkan diri kamu dan teman kamu untuk mengikuti kegiatan workshop ini. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: