Aji Wanda, Sukses Menjual 8.000 Jaket Muslimah Tiap Minggu  

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
04 Mei 2019   08:32

Komentar
Aji Wanda, Sukses Menjual 8.000 Jaket Muslimah Tiap Minggu  

Tampilah salah satu online shop hijacket (Foto : hijacket.shop)

Trubus.id -- Bisnis pakaian muslim akan terus berkembang, setidaknya sampai beberapa dekade ke depan. Dan, Indonesia menjadi salah satu pusat bisnis modiste ini. Peluang ini ditangkap oleh Aji Wanda, warga Bandung dengan sangat baik.

Laki-laki berusia 27 tahun ini telah memulai bisnis sejak beberapa tahun lalu. Ia berkolaborasi dengan satu temannya memproduksi jaket khusus hijaber, para perempuan muslim yang berhijab. Brand ini dia namai hijacket.

Sebenarnya hijacket bukanlah brand utama. Aji Wanda memang memproduksi beberapa brand. Bahkan untuk kategori jaket pun ia membuat beberapa brand. 

Ide ini datang saat saat menjelang bulan puasa. Mereka merencanakan membuat desain yang belum pernah ada, yakni jaket khusus untuk hijaber. Responnya pelanggannya tidak seperti yang ia duga, desain hijaber terbaru yang ia ciptakan sangat disukai konsumen.

Bahkan, usai lebaran pun, permintaan terus meningkat setiap minggunya.

Karena itu, Aji Wanda memutuskan untuk lebih fokus pada brand ini, dan menjadikan hijacket sebagai produk utamanya. Kepada INFO, sampai saat ini ia mampu menjual jaket syar’i sebanyak 5.000 sampai 8.000 jaket per minggu. Untuk memenuhi permintaan pelanggan, ia kini mempunyai sekitar 130 karyawan yang khusus memproduksi. 

Semua penjualan dilakukan oleh para reseller yang ada di seluruh Indonesia. Kini ia lebih fokus pada penjualan online. Dan, Aji Wanda bersama timnya hanya melayani para reseller, tidak menjual langsung ke konsumen.

Laki-laki yang tinggal di Margaasih ini menuturkan, ia memilih bisnis karena ingin punya kebebasan waktu, tidak begitu terikat. Karena pada dasarnya ia juga berniat ingin menjadi dosen, mengajar secara grfatis.

"Untuk bisa menjadi volunteer seperti itu salah satunya adalah dengan financial freedom. Jadi salah satu caranya adalah dengan berbisnis, katanya.

Bermodalkan uang Rp 4 juta, ia membangun bisnisnya. Awalnya ia hanya menjual jaket sebanyak 16 pieces. Dari keuntungan penjualan itulah ia mengembangkan bisnisnya sampai sebesar sekarang ini.

Tentu selama menjalanis bisnis ini, ada beberapa tantangan yang harus ia lalui. Namun menurutnya, yang terbesar adalah bagaimana cara memanaj egonya sendiri. Setiap keuntungan yang ia dapatkan, dipakai untuk mengembangkan bisnisnya.

"Kita harus puasa dulu dengan hasil yang telah kita dapatkan, untuk mengembangkan bisnis. "Jadi selama bisnis belum berkembang, kita "puasa", memenuhi kebutuhan sekadarnya saja, "tambahnya.

Ia bekerja 18-20 jam sehari. Selain itu, ia juga berpartner dengan para reseller dan tim marketing di semua channel media sosial agar brand-nya makin dikenal. 

Karena kegigihannya, ia sekarang menuai hasilnya. Brand jaketnya sudah dikenal di berbagai kota di seluruh Indoneisa. Bagi konsumen yang ingin memulai bisnis, Aji Wanda punya tips, "belajarlah pada pebisnis yang telah sukses, bukan pada orang-orang yang hanya mengandalkan teori, "tambahnya.

Saat ini ia sedang menyiapkan produk lainnya, selain jaket hijab dengan 10 brand, ia juga sedang menyiapkan produk lain yakni sepatu. Menurutnya bisnis itu memerlukan proses yang panjang. Untuk bisa stabil, perlu waktu lima tahun, bahkan lebih.
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: