Semangat Wirausaha Muda di Papua Tumbuh Berkat Khasiat Tanaman Asli

TrubusNews
Thomas Aquinus
03 Mei 2019   17:30 WIB

Komentar
Semangat Wirausaha Muda di Papua Tumbuh Berkat Khasiat Tanaman Asli

Stan isotonik akway Polbangtan Manokwari The 1st Milenial Indonesia Agropreneurs (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Semangat wirusaha muda di timur Indonesia tumbuh dalam diri mahasiswa Polbangtan Manokwari, Papua Barat, dengan komoditas andalan dari bahan alam yang menghasilkan produk Isotonik Akway.

Dengan memanfaatkan bahan alam dan kreativitas, para mahasiswa Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Polbangtan Manokwari memanfaatkan kayu Akway yang memang asli tumbuh di bumi Papua.

“Kayu Akway ini bermanfaat untuk stamina pria dan menjaga daya tahan. Kita mengolahnya menjadi sebuah minuman segar yang dikonsumsi langsung. Kelompok inovator Isotonik Akway ini adalah Papua Sehat,“ ujar pendamping dari Polbangtan Manokwari, Farid Maulana.

Baca Lainnya : Wartawan Bisa Ciptakan Wirausaha untuk Tingkatkan Perekonomian

Dikatakan Farid, bagi orang awam, secara sekilas kulit kayu akway memang mirip dengan kulit kayu manis atau bahkan kayu secang, namun memiliki diameter yang lebih besar.

Sementara itu, dari hasil uji coba secara fitokimia dari ekstrak daun, kulit batang, dan akar dari kayu akway ini terbukti bahwa kayu akway mengandung senyawa afrodisiak seperti saponin, alkaloid, dan steroid.

Afrodisiak sendiri merupakan zat yang dapat digunakan untuk merangsang daya seksual serta meningkatkan hormon testosteron pada pria. Afrodisiak berasal dari bahasa Yunani Aphrodite yang berarti Dewi Cinta. Beberapa tanaman obat yang tumbuh di Indonesia ada yang disebut sebagai Afrodisiak yaitu Tongkat Ali dan Purwoceng.

Baca Lainnya : Calon Wirausaha Baru UMKM Malang Lakukan Pelatihan Soal Rotan Sintetis

Secara tradisional dan penelitian, kulit kayunya memang dipakai sebagai obat kuat. Hanya saja, masyarakat Papua tak jarang memanfaatkan tanaman akway untuk penyembuhan sakit pada persendian dan obat kudis. Sementara itu untuk wanita, tanaman ini bermanfaat untuk mengatur jarak kelahiran dan mengurangi rasa sakit saat haid.

Isotonik hasil karya Papua Sehat ini dikemas dalam bentuk botol 350 ml, dan memiliki rasa yang unik karena ada rasa pedas sedikit. Bahkan bagi yang sudah mengkonsumsi dalam keadaan kurang fit, bisa langsung terasa segar.

Farid mengungkapkan, saat ini permintaan Isotonik Akway ini sudah banyak hingga ke Medan.

Baca Lainnya : Magelang Gelar Seminar Wirausaha UMKM Berbasis Teknologi

“Setiap kita ikut pameran, ini memang best sellernya. Sehingga memang sudah banyak yang tahu dan langsung diborong,” tuturnya seperti dikutip dari Tabloidsinartani.

Sebelumnya, pada pagelaran The 1st Milenial Indonesia Agropreneurs beberapa waktu lalu, Polbangtan Manokwari dinilai berhasil menunjukan kemampuannya di kancah nasional dengan merebut juara 3 best seller lewat produk tersebut. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan: