Revolusi Industri Justru Membuat Koperasi Makin Dekat dengan Anak Muda

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
03 Mei 2019   13:00

Komentar
Revolusi Industri Justru Membuat Koperasi Makin Dekat dengan Anak Muda

Ilustrasi koperasi (Foto : Trubus.id/Iwan)

Trubus.id -- Revolusi industri 4.0 yang tengah berlangsung saat ini diyakini membantu perkembangan koperasi di Indonesia mendekatkan diri kepada kalangan anak muda atau milenial saat ini.

"Tidak benar jika adanya revolusi industri 4.0 akan membuat koperasi mundur. Sebaliknya, dengan revolusi industri 4.0 yang ditandai oleh kemajuan teknologi akan membuat koperasi makin maju," ujar Ketua Umum Koperasi Pakasaan Matuari Tombulu, Revli Orelius Mandagie, dalam acara Kawanua Fair dan seminar bertema 'Peran Koperasi Zaman Now di era Revolusi Industri 4.0' di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Jakarta, Kamis (2/5).

Baca Lainnya : Peran Koperasi Wanita Lampung dalam Besarkan Usaha Kopi Tanggamus

Kawanua Fair dan seminar sendiri sebagai bagian dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pakasaan Matuari Tombulu yang dihadiri oleh sekitar 600 anak muda dari kalangan pelajar, mahasiswa, pelaku usaha, dan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, juga dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop-UKM, Rully Indrawan, dan Ketua Badan Pengawas Koperasi Pakasaan Matuari Tombulu, Roy Sembel.

Revli mengungkapkan, dengan teknologi yang dibawa oleh revolusi industri 4.0 menjadikan koperasi justru semakin menumbuhkan kebersamaan. Hal tersebut bisa terjadi karena saat ini hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan media sosial untuk berkomunikasi satu sama lain.

Baca Lainnya : Media Sosial Menjadi Sarana Populer dan Efektif Rebranding Koperasi
 
"Nah dengan media sosial itu, bisa kemudian terbentuk komunitas dalam wadah koperasi yang saling bertukar informasi atau produk yang lantas difasilitasi oleh koperasi. Misalnya kain tenun dan bisnis online yang lainnya, bisa dijual melalui media sosial tersebut," ujarnya seperti dikutip dari Elshinta.

Untuk itu, Revli berharap masyarakat khususnya anggota koperasi di seluruh daerah Indonesia agar memanfaatkan media sosial sebagai sarana positif untuk memajukan koperasi secara bersama. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: