Menjadi Seorang Enterpreneur Harus Punya Ketangguhan Mental

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
01 Mei 2019   17:00

Komentar
Menjadi Seorang Enterpreneur Harus Punya Ketangguhan Mental

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dosen pendamping Program Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) mengungkapkan sosok entrepreneur sejati harus mempunyai ketangguhan mental dan tahan banting yang kuat.

Dosen pendamping PWMP yang juga merupakan dosen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Iwan Prihantono mengatakan, tugas dari dosen pendamping adalah memastikan bisnis dari enterpreneur PWMP bisa berjalan dengan baik, sekaligus menjadi pengarah atau pembimbing.

“Terkadang, alumni ingin menghasilkan sesuatu yang wah, tetapi tidak dibutuhkan oleh pasar. Sehingga perlu adanya modifikasi dan arahan dari pendamping untuk diversifikasi produk dan banyak hal,” terangnya.

Baca Lainnya : Kuliah Kewirausahaan Berdampak Positif Tumbuhkan Jiwa Enterpreneur Mahasiswa

Iwan mengungkapkan, seorang dosen pendamping juga berperan menjadi motivator karena menjadi seorang enterpreneur pastinya menghadapi banyak hambatan, mulai dari proses produksi maupun pengalaman berbisnis di dunia nyata. 

“Kunci dari survive di dunia usaha atau menjadi enterpreneur itu, berani bangkit dan ketangguhan diri yang perlu dibentuk. Kegagalan itu bukan sebuah final tetapi ilmu yang sangat mahal,” ujar Iwan seperti dikutip dari Tabloidsinartani

Oleh sebab itu, ketika enterpreneur mengalami kendala terdalam, proses pendampingan terus berjalan dan motivasi secara personal juga perlu dilakukan. 

Hal yang senada juga diungkapkan oleh dosen pendamping PWMP dari Institut Pertanian Bogor, Agus Setiana. Menurutnya, seorang enterpreneur perlu memiliki adversity question yaitu kecerdasan saat situasi sulit.

Baca Lainnya : Wartawan Bisa Ciptakan Wirausaha untuk Tingkatkan Perekonomian

Agus mencontohkan, disaat calon enterpreneur diberikan modal Rp35 juta untuk mengembangkan usahanya kemudian gagal dan beranggapan suatu hal yang wajar, Agus beranggapan pola pikir tersebut salah besar.

“Perlu ketahanan mental dan kecerdasan untuk keluar dari situasi sulit. Itu yang harus dilatih. Makanya sering saya minta mereka untuk belajar dan bertanya pada nenek-nenek yang jualan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka bukan enterpreneur, hanya seorang survivor tapi jiwanya (ketangguhan mental) harus melekat pada enterpreneur,” jelasnya.

Selain ketangguhan dalam mental, enterpreneur juga harus bisa merubah value (nilai) dari tujuan berwirausaha.

Baca Lainnya : Calon Wirausaha Baru UMKM Malang Lakukan Pelatihan Soal Rotan Sintetis

“Kalau berpikir yang penting duit, yang penting duit. Bisa dibayangkan perilakunya bagaimana? Value itu ada dimana-mana, masalahnya dikerjakan dan dijadikan prinsip tidak?,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kedua kunci tersebut, seorang enterpreneur sejati bisa terbentuk dengan menambahkan semangat yang tinggi, wawasan yang luas, membaca peluang, hingga memperbanyak jaringan. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: