Barito Selatan Fokus Tingkatkan Perekonomian Desa Melalui BUMDes

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
26 April 2019   14:30

Komentar
Barito Selatan Fokus Tingkatkan Perekonomian Desa Melalui BUMDes

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masih menjadi fokus utama Pemkab Barito Selatan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan agar warga di kabupaten tersebut semakin sejahtera. Selain hadirnya BUMDes, faktor peran pemimpin BUMDes yang menguasai bidang wirausaha juga dibutuhkan untuk mendampingi masyarakat. 

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa setempat menyampaikan, pembangunan di tingkat desa harus selaras dengan program pembangunan daerah Kabupaten Barsel yang tertulis pada sapta program Bupati dan Wakil Bupati periode tahun 2017-2022.

"Dengan adanya BUMDes, tentu perekonomian dalam satu desa bisa lebih berkembang, dan akan tercipta pengusaha perdesaan yang handal dengan pembinaan yang dilakukan oleh lembaga yang menanganinya. Program peningkatan ekonomi rakyat dan program pengelolaan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) bisa dikembangkan,” jelasnya.

Baca Lainnya : 2 Kementerian Jalin Kerjasama Dorong Pemberdayaan Perempuan dalam Pembangunan Desa

Sementara itu, dalam pengembangan perekonomian masyarakat perdesaan, Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri melalui Dinas PUPR juga membangun jalan tembus antar desa dan kecamatan hingga memudahkan interaksi masyarakat perdesan untuk menuju perkotaan.

Bupati juga mengatakan, arah kebijakan strategis pembangunan Kabupaten Barsel selama ini meningkatkan bidang pembangunan ekonomi.

"Pemberdayaan kelembagaan ekonomi desa dalam hal ini pembentukan BUMD,l, sangat penting, sebagai pendorong peningkatan ekonomi perdesaan," pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: