Dekranasda Tak Mau Ketinggalan Pamerkan Kerajinan NTB di Inacraft 2019

TrubusPreneur
By Astri Sofyanti | Followers 1
24 April 2019   21:30

Komentar
Dekranasda Tak Mau Ketinggalan Pamerkan Kerajinan NTB di Inacraft 2019

Ketua Dekranasda yang juga merupakan Istri Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Niken Saptarini Widyawati memperkenalkan kerajinan NTB di ajang Inacraft 2019. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 yang mengguncang Lombok dan sekitarnya di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 5 Agustus 2018 lalu hampir meluluh lantahkan seluruh bangunan di Lombok. Kondisi ini bahkan membuat kegiatan perekonomian dan pariwisata lumpuh total.

Namun kini, setelah 8 bulan usai bencana dahsyat tersebut, sebagian besar kegiatan perekonomian dan pariwisata di wilayah tersebut sudah kembali mengeliat.

“Usai bencana memang kita sempat terpukul, bahkan beberapa pengrajin terpaksa memberhentikan kegiatannya, tapi saat ini kita semangat untuk bangkit kembali, karena bagaimanapun kita masih diberikan amanah untuk bangkit, berarti kita harus bangkit,” kata istri Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Niken Saptarini Widyawati kepada Trubus.id saat ditemui di pameran Inacraft 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center, Rabu (24/4).

Baca Lainnya : 1.421 Pengrajin IKM Ramaikan Inacraft 2019 yang Dibuka Presiden Jokowi Hari Ini

Patut diketahui, selain menjadi istri yang turut mendampingi sejumlah kegiatan Gubernur NTB, Niken beberapa waktu lalu juga dilantik menjadi Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi NTB masa bakti 2018-2023.

“Saya Ketua Dekranasda, bertugas mengkonsolidasikan unsur-unsur yang terkait dengan kerajinan, terutama untuk membantu sentra-sentra kerajinan khususnya di NTB,” tambahnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, karena baru dibentuk kembali, Dekranasda yang meliputi sejumlah bidang seperti, perindustrian, perdagangan, UKM, Koperasi, pariwisata, serta pusaha-pengusaha kerajinan lokal untuk membantu memasarkan hasil produk-produk unggulan NTB.

Baca Lainnya : Melalui Inacraft 2019, Menperin Dorong Ekspor Produk Kerajinan Tanah Air

Lebih lanjut Niken menyebut, sejumlah hal yang telah dilakukan untuk mengenalkan dan memajukan produk-produk kerajinan NTB dengan cara aktif mengikuti sejumlah pameran seperti Inacraft kali ini.

“Kami juga meminta kepada seluruh pegawai provinsi untuk menggunakan tenun lokal dan ini Alhamdullilah membuat efek yang cukup bagus,” urai Niken.

Niken menambhakan saat ini para penenun NTB juga tengah memenuhi pesanan tenun untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS). [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Koperasi Indonesia Alami Kemajuan Besar

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: