1.500 Mahasiswa Disiapkan Kementan Lakukan Pendampingan Terhadap Petani

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
24 April 2019   13:30

Komentar
1.500 Mahasiswa Disiapkan Kementan Lakukan Pendampingan Terhadap Petani

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebanyak1.500 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi tengah disiapkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melakukan pendampingan terhadap para petani di Indonesia. 

Para mahasiswa tersebut akan ditugaskan untuk membantu para petani untuk mencapai peningkatan produksi komoditas pangan strategis di 12 provinsi. 

Para mahasiswa rencananya akan ditempatkan di 12 provinsi di Indonesia seperti Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  Kalimantan Selatan, Jawa Timur,  Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat. 

Baca Lainnya : Berkat Program Bekerja Kementan, Warga Desa Atakke Makin Produktif

"Program pendampingan oleh mahasiswa ini untuk membantu pencapaian swasembada atau peningkatan produksi komoditas pangan strategis yaitu padi, jagung, kedelai, tebu, cabai merah, bawang dan daging," ujar Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pertanian Idha Widi Arsanti, dalam Rapat Koordinasi Pendampingan Mahasiswa 2019, di Bogor, seperti dikutip dari Kompascom, Selasa (23/4).

Idha menyampaikan dalam program pendampingan ini, mahasiswa yang diterjunkan langsung ke lapangan secara bergantian membantu percepatan luas tambah tanah, panen, pengecekan pompa air, hingga membantu pengoptimalan alat sistem pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah. 

Baca Lainnya : Kementan Siap Fasilitasi Agropreneur Milenial Terjun di Bidang Pertanian

Melalui program pendampingan yang telah berjalan sebelumnya, Ida menyampaikan, bahwa produksi pangan selama 4 tahun terakhir ini bisa meningkat. 

"Kami juga sedang menyiapkan mahasiswa untuk ditempatkan di daerah perbatasan. Setidaknya ada lima kabupaten di tiga provinsi yang merupakan daerah perbatasan yaitu Kabupaten Entikong, Badau, Paloh (Provinsi Kalimantan Barat), Kabupaten Atambua, Kabupaten Malaka (Nusa Tenggara Timur), dan Kabupaten Jayapura (Papua)," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: