Objek Wisata Berhasil Dorong Pertumbuhan UMKM di Sleman

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
24 April 2019   06:00

Komentar
Objek Wisata Berhasil Dorong Pertumbuhan UMKM di Sleman

Kampung Flory, Sleman (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kondisi usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Sleman saat ini terus berkembang yang diakibatkan dari menjamurnya objek wisata di wilayah yang dikenal sebagai asal buah salak pondoh. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam acara Sinergi Kementerian Koperasi dan UKM dengan Pemkab Sleman, yang menilai UMKM di wilayahnya terus berkembang dan dinamis.

"Salah satunya, (berkat) objek wisata Kampung Flory. Bahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Sleman akan mengusulkan desa wisata Kampung Flory sebagai objek wisata baru populer di tingkat nasional dalam Anugerah Pesona Indonesia," ujar Purnomo, seperti dikutip dari Wartaekonomi, Selasa (23/4)

Purnomo mengungkapkan, bahwa saat ini tingkat kunjungan destinasi wisata di Sleman terus meningkatkan tiap tahunnya. Peningkatan tersebut terlihat pada tahun 2017 yang tercatat sekitar 7,2 juta kunjungan, meningkat di 2018 menjadi 8,53 juta kunjungan. Sementara itu, pada 2019 ini pihaknya telah menargetkan sekitar 10 juta kunjungan.

Baca Lainnya : Calon Wirausaha Baru UMKM Malang Lakukan Pelatihan Soal Rotan Sintetis

Saat ini, di wilayah Sleman telah tumbuh dan berkembang sekitar 36 ribu UMKM. Oleh sebab itu, perlu dukungan pendampingan berupa motivasi dan didorong agar usahanya lebih maju. Purnomo berpendapat, kesempatan ini menjadi penting untuk saling bersinergi dengan pihak-pihak terkait. Juga dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui pemberdayaan kelompok masyarakat.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama pemerintah melalui Kemenkop dan UKM juga memberikan bantuan wirausaha pemula kepada Akbar Permana, pelaku UKM yang bergerak di bidang usaha handycraf sebesar Rp13 juta, dan kepada Muhammad Alfinhadi, pelaku UKM yang bergerak di bidang usaha kuliner sebesar Rp15 juta. 

Baca Lainnya : UI Ungkap Jadi Mitra Ojek Online Tingkatkan Pendapatan UMKM

Pemerintah juga memberikan bantuan pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM kepada Elita Yuniasti (usaha sembako) sejumlah Rp51 juta dan Wabut Winarto (usaha kerajinan blankon) sebesar Rp75 juta.

Selain bantuan kepada wirausaha pemula dan pembiayaan LPDB KUMKM, juga diberikan penerima dana KUR, yaitu Arif Riyanto (Rp10 juta dari BRI untuk usaha counter dan servis hp), Ambar Windriati (Rp400 juta dari BNI untuk usaha industri anyaman bahan natural), Ade Kurniawan (Rp50 juta dari Bank Mandiri untuk usaha indekos), Abdul Rasyid (Rp25 juta dari BRI Syariah untuk usaha warung makan), dan Widarsasna (Rp70 juta dari BPD DIY untuk perdagangan batik). [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: