Ganjar Pranowo Ajak Warga Dajr Ulang Limbah Kampanye

TrubusNews
Astri Sofyanti
23 April 2019   19:30 WIB

Komentar
Ganjar Pranowo Ajak Warga Dajr Ulang Limbah Kampanye

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pesta Demokrasi telah usai, Pemilihan Umum (Pemilu) telah dilaksanakan pada 17 April lalu. Kondisi ini menyisakan limbah dari alat peraga kampanye (APK) yang tak lagi digunakan. Sejumlah kalangan memanfaatkan limbah kampanye ini menjadi barang yang bisa memiliki nilai ekonomi.

Untuk itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakat di Jawa Tengah untuk mendaur ulang alat peraga kampanye untuk menjadi tas belanja, celana, hingga baju.

Melalui akun Twitter, Instagram dan Youtube, Ganjar mengadakan sayembara dengan memberikan hadiah sebesar Rp20 juta bagi masyarakat yang memiliki ide kreatif dengan cara memanfaatkan limbah kampanye.

“Saya ingin memberikan ruang kepada masyarakat untuk menunjukan kreasinya dengan memanfaatkan banner, baliho dan plastik sisa kampanye agar tak terbuang sia-sia,” kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/4) mengutip BBCIndonesia.

Lebih lanjut dikatakan Ganjar, limbah kampanye akan menjadi sampah sehingga bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bisa digunakan sehari-hari.

“Sebenarnya spirit saya agar mereka pedulu terhadap sampah plastik,” tambahnya.

Diakui Ganjar, jika hasilnya memuaskan, dirinya akan membantu mengembangkannya dengan teknologi.

"Plastik mungkin tidak dijahit, mungkin dengan teknologi panas dan sebagainya, kita bisa belikan alat. Saya membayangkan kalau ada satu produk yang diminati oleh publik, apakah itu dengan dibeli atau disumbangkan, bukan tidak mungkin, saya mengadakan itu untuk komunitas tertentu, katakan penyandang disabilitas," ujarnya lagi.

"Ini bisa menjadi sociopreuner yang bisa kita kerjakan," sambung Ganjar.

Sampai saat ini Ganjar mengaku belum mendapat informasi dari jajarannya berapa volume sampah sisa kampanye di Jawa Tengah.

  3


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dana Desa Berikan Dampak Signifikan Terhadap Ekonomi Perdesaan

Pendampingan   23 Feb 2020 - 23:58 WIB
Bagikan:          
Bagikan: