UI Ungkap Jadi Mitra Ojek Online Tingkatkan Pendapatan UMKM

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
23 April 2019   12:00

Komentar
UI Ungkap Jadi Mitra Ojek Online Tingkatkan Pendapatan UMKM

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hasil studi Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) mengungkapkan, menjadi mitra Go Food terbukti berdampak positif terhadap roda bisnis pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).

Adapun survei dilakukan mengenai dampak Gojek terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018 yang dilakukan kepada 1.000 mitranya di 9 kota besar di Indonesia.

”Sebesar 98 persen responden UMKM merasa ojek online ini memberlakukan mereka secara setara dan diuntungkan,” ujar Wakil Kepala LD FEB UI, Paksi C.K. Walandouw.

Paksi mengungkapkan, penilaian terhadap UMKM didasarkan pada dampak positif yang dirasakan mitra UMKM yang bergabung dengan Gojek, mulai dari peningkatan volume transaksi, hingga kenaikan klasifikasi omzet usaha.

Baca Lainnya : UMKM Harus Berbasis Digital Supaya Dapat Bersaing dengan Perusahaan

"Dengan UMKM yang naik kelas dan usahanya membesar, maka mereka bisa menyerap tenaga kerja dan menyumbang lebih banyak kepada ekonomi daerah atau nasional,” katanya.

Secara khusus, Paksi menyampaikan bahwa pelaku UMKM menilai positif prospek bisnis kemitraan secara jangka panjang dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya.  

“Penilaian positif dalam prospek bisnis jangka panjang menyuratkan kepercayaan UMKM kepada platform teknologi yang membawa dampak positif berkelanjutan kepada bisnis mereka di tengah perubahan perilaku konsumen terutama di segmen generasi millenial dan generasi Z,” terangnya.

Baca Lainnya : 355 Pelaku UMKM NTB Dilatih Go Digital

”Aspek teknologi yang dinilai lebih superior juga menambah keyakinan dan kepercayaan UMKM terhadap layanan pesan antar-makanan ini,” katanya.

Dalam menumbuhkan bisnis UMKM, Pakis mengungkapkan, tidak cukup hanya membantu mereka memperluas pasar, tetapi juga harus membangun ekosistem untuk perkembangan UMKM. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: