UMKM Harus Berbasis Digital Supaya Dapat Bersaing dengan Perusahaan

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
23 April 2019   07:11

Komentar
UMKM Harus Berbasis Digital Supaya Dapat Bersaing dengan Perusahaan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Persaingan UMKM dengan perusahaan harus dilakukan dengan sistem pengadaan berbasis digital. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ikhsan Ingratubun selaku Ketua Akumindo, yang menginginkan agar UMKM tetap berkembang di era pasar global ini. 

“Yang pertama ya pasti order harus lebih banyak dan kualitas lebih ditingkatkan. Lalu yang penting juga harus mampu meningkatkan sumber daya manusia masuk ke dalam pasar digital,” katanya saat peluncuran salah satu marketplace B2B yang terintegrasi dengan e-procurement, (22/4).

Pada kesempatan itu, Ikhsan menyambut baik peluncuran platform marketplace B2B karena dinilai dapat mendorong kesejahteraan UMKM. Dirinya menyampaikan, kehadiran platform tersebut telah menjawab kebutuhan Undang-undang nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah.

Baca Lainnya : 355 Pelaku UMKM NTB Dilatih Go Digital

“Karena dalam platformnya, selain akses keuangan, diberikan pula akses pelatihan contohnya pajak. Pajak ini salah satu yang harus di develop oleh UMKM. Disamping itu kualitas produk juga tetap diperhatikan,” ujarnya.

Dalam catatannya, Ikhsan mengungkapkan bahwa pencapaian UMKM untuk masuk ke dalam e-commerce dan juga e-procurement sebesar 7,2 juta. Lalu target di 2019 itu mencapai 8 juta.

“Karena suka ataupun tidak suka, UMKM harus segera masuk ke pasar digital,” pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: