DPMD Malang Ingin Semua Desa Bentuk BUMDes

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
22 April 2019   09:00

Komentar
DPMD Malang Ingin Semua Desa Bentuk BUMDes

Ilustrasi salah satu aktivitas BUMDes (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang menginginkan agar semua desa yang belum punya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk segera membentuk BUMDes karena terbukti memberikan kesejahteraan masyarakat.

“Terdapat dua aspek yang menjadi tujuan dibentuknya BUMDes, yaitu pemasukan bagi PADes (pendapatan asli desa) dan kesejahteraan masayarakat disekitarnya. Untuk itu semua desa harus punya unit usaha," ujar Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji.

Suwadji menyampaikan, BUMDes diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan, tahun ini pihaknya tekah menganggarkan dana Rp 750 juta untuk 10 desa yang fokus dalam pengembangan BUMDes. Namun, Suwadji juga menegaskan bahwa pihaknya memberlakukan seleksi terlebih dahulu pada desa-desa yang telah terapkan BUMDes.

Baca Lainnya : BUMDes Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tingkatkan Ekonomi Desa Melalui Pertanian

Kini, di Kabupaten Malang sendiri memiliki 236 BUMDes baik tingkat mandiri, berkembang, maupun rintisan. Dari 236 BUMDes tersebut 207 di antaranya merupakan badan usaha lokal milik desa, sementara 29 sisanya merupakan BUMDes bersama yang dikelola oleh beberapa desa.

"BUMDes ini mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat mulai dari pengembangan produk dan pemasaran. Sehingga dapat lapangan pekerjaan," ujarnya.

Baca Lainnya : Inovatif, BUMDes Kurnia Makmur Buka Usaha Variasi Pemasangan Audio Mobil

Sementara itu, pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) juga tengah gencar dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

"Tahun 2018, 118 pokdarwis terbentuk di sini (Kabupaten Malang). Targetnya sekarang susah 200 pokdarwis yang tebentuk. Pujon Kidul sekarang sudah menjadi aset pariwisata nasional. Untuk itu harus kami cari lokasi penyangga yang bisa jadi pilihan setelah wisatawan berkunjung kesana (pujon kidul),” terang Made. [NN] 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: