Bisnis Cuci Sepatu Mampu Raup Untung Besar dalam Sehari

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
22 April 2019   08:00

Komentar
Bisnis Cuci Sepatu Mampu Raup Untung Besar dalam Sehari

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bisnis cuci sepatu kotor menjadi kelihatan baru lagi akhir-akhir ini mulai bertumbuh dengan cepat. Bahkan, kini bisnis ini pun dikemas dengan cara berbeda yang memberikan kesan eksklusif. 

Pemilik Shoes and Care, Tirta Hudhi menyampaikan, sebenarnya bisnis cuci sepatu bisa dikatakan tidak membutuhkan modal besar. Namun bila dirintis dengan niat yang kuat bisa mendatangkan omzet besar.

Tirta mengungkapkan, saat awal memulai bisnisnya  berdiri hanya bermodalkan sikat. Sementara dalam melayani jasanya dia mengerjakannya di kost tempatnya tinggal di Yogyakarta.

Baca Lainnya : Omset Jutaan Rupiah Sekali Panen dari Budidaya Biji Genitri

"(Modal awal) Rp 400 ribu rupiah ya. (Modal tersebut untuk) satu sabun, satu sikat," ujarnya seperti dikuti dari detikFinance, Minggu (21/4)

Namun, dikatakannya sabun yang digunakannya merupakan sabun khusus yang diimpor dari Amerika karena dulu sabun cuci sepatu masih sangat jarang di Indonesia. 

"Setelah itu berkembang, modalnya jadi Rp15 juta, sampai akhirnya sekarang jadi Rp 25-40 jutaan. Kalau dulu cuma Rp400 ribu, kalau sekarang ya harus beli alat-alat, beli interior, gitu lah. Kalau zaman dulu satu sabun, satu sikat, kalau sekarang sabunnya jadi banyak kan," jelasnya.

Kini bisnis cuci sepatu yang awalnya dikerjakan di kosan, mampu melahirkan gerai baru hingga 35 unit yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk memudahkan pengembangan gerai, dia menggunakan sistem kemitraan.

Baca Lainnya : Omset Rp500 Juta dalam Setahun dari Budi Daya Lidah Buaya

Tirta mengatakan, masing-masing gerai bisa melayani 5 hingga 10 sepatu dalam satu hari. Jika diambil angka terkecil yaitu 5 pasang sepatu dikalikan 35 gerai, artinya ada 175 sepatu yang dilayani setiap hari. Nah, masing-masing sepatu dikenakan tarif mulai dari Rp30 ribu hingga Rp120 ribu maka dalam sehari dirinya mampu mengantongi omzet Rp5.250.000 yang belum dikurangi biaya operasional.

"(Jumlah gerai) 35, itu kecil-kecil semua, luasnya cuma 10 sampai 15 meter persegi, sehari 10 sepatu-an (yang dilayani). Buka Senin sampai Jumat," ujarnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: