Meski Masih Mahasiswi, Gadis Ini Telah Sukses Jadi Agripreneur Milenial

TrubusPreneur
By Astri Sofyanti | Followers 1
20 April 2019   13:00

Komentar
Meski Masih Mahasiswi, Gadis Ini Telah Sukses Jadi Agripreneur Milenial

Mahasiswi Polbangtan Gowa (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) merupakan sekolah yang berada di bawah Pusat Pendidikan Kementerian Pertanian yang fokus menghasilkan petani milenial hingga seorang agripreneur sukses.

“Kita ingin mahasiswa yang telah lulus dari Polbangtan tidak akan menjadi pengangguran karena langsung bisa berwirausaha secara mandiri,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Pusdiktan Kementerian Pertanian Ismaya Parawansa saat ditemui Trubus.id di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/4).

Selain itu, Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian lebih banyak lagi.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Polbantan akan bersinergi dalam program-program Kementerian Pertanian untuk menumbuhkan petani milenial yang berijwa agripreneur.

Salah satu mahasiswa yang telah membuktikan bahwa seorang milenial juga bisa menjalankan wirausaha adalah Risa Yustika dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa Sulawesi Selatan.

“Dari peternakan sendiri, kami telah memproduksi jamu untuk hewan ternak, sabun hingga insektisida. Sementara dari pertanian dirinya memproduksi sirup, jamur krispi, kopi dan masih banyak lainnya,” teran Risa kepada Trubus.id di Bogor, Jawa Barat.

Sementara untuk pemasarannya sendiri, Risa mengaku langsung ke konsumen hingga melalui online. Tak hanya itu, untuk satu kelompok agripreneur Polbangtan, Kementerian Pertanian memberikan bantuan modal sebesar Rp15 juta untuk setiap kelompok.

“Kami diberikan modal dari Kementerian Pertanian sebesar Rp15 juta untuk penumbuhan wirausahawan muda. Sementara untuk alumni sendiri modal yang diberikan sebesar Rp30 juta,” tambah Risa.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, usaha pertanian dan peternakan yang digeluti bersama tiga rekan lainnya itu, juga bermitra dengan stake holder yang ada di Gowa.

Dirinya berharap produk-produk olahan yang dipasarkan bisa lebih berkembang sehingga usahanya menjadi lebih besar.

“Kami berharap bisa menciptakan tenaga kerja untuk milenial-milenial yang lain,” pungkasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: