Anggota Subak di Bali Mendapat Pelatihan Operasikan Alsintan

TrubusNews
Thomas Aquinus
16 April 2019   20:00 WIB

Komentar
Anggota Subak di Bali Mendapat Pelatihan Operasikan Alsintan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diterima anggota atau perwakilan dari sejumlah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi), atau dikenal dengan Subak di Bali diberi pelatihan mengoperasikan alsintan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Sutama mengungkapkan, pelatihan dilakukan di balai pelatihan dinas terkait selama 4-5 hari.

"Pesertanya adalah perwakilan anggota Subak yang mengelola alsintan sebanyak 20 orang," kata Sutama, di Jakarta (15/4).

Baca Lainnya : Desa Lemah Duhur Terpilih Sebagai Desa Mitra Pendampingan Polbangtan Bogor

Dikatakan Sutama, Subak yang ada di Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana hampir semuanya menerima bantuan pemerintah alsintan pra panen maupun paska panen.

"Alsintan tersebut dikelola melalui Subak. Sebab, Subak ini merupakan organisasi kemasyarakatan yang langsung berhubungan dengan petani,” ujarnya.

Sutama mengungkapkan, sebenarnya alsintan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) di Jembrana ada juga yang langsung dikelola UPJA. Umumnya, UPJA yang mengelola asintan ini dibentuk dari sejumlah petani.

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Lakukan Pendampingan Ekstra Pelaporan Dana Desa

“Jadi, sebenarnya mau dikelola oleh Subak atau UPJA itu tak ada masalah. Apalagi saat ini sudah banyak UPJA yang didirikan sejumlah petani di sini,” terangnya.

Selain itu, saat ini alsintan yang dikelola anggota Subak umumnya dapat berjalan dengan baik karena dikelola koperasi.

"Karena itu, petani yang tergabung dalam Subak tak ada masalah dengan UPJA. Sebab, Subak itu fungsinya tak jauh beda dengan UPJA. Apakah alsintan itu akan dikelola melalui Subak atau UPJA secara tersendiri juga tak ada masalah bagi petani,” ujarnya.

Subak sendiri merupakan bentuk kearifan lokal yang hingga kini masih dipelihara dengan baik oleh masyarakat di Bali. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: