IKM Payakumbuh Akan Ekspor 210 Ton Rendang ke Arab Saudi

TrubusNews
Astri Sofyanti
16 April 2019   21:00 WIB

Komentar
IKM Payakumbuh Akan Ekspor 210 Ton Rendang ke Arab Saudi

Kampung rendang Payakumbuh. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatra Barat kembali menyasar pasar Arab Saudi sebagai target ekspor produk makanan unggulan mereka, rendang khas Payakumbuh.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz mengungkapkan, pasar ekspor produk rendang untuk wilayah Saudi sangat potensial. Terlebih Indonesia menjadi negara terbesar penyumbang kuota haji. Bahkan diperkiraan mencapai 221.000 orang setiap tahunnya menunaikan ibadah haji dan 1,2 juta Jemaah umrah setiap tahunnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, produksi rendang Payakumbuh sudah di atas 1 ton per hari, dan potensial untuk terus ditingkatkan. Mengingat Kota Payakumbuh menjadi salah satu daerah sentra peternakan sapi dan memiliki rumah potong hewan (RPH) berkapasitas besar.

“Kemarin kita mendapat kunjungan pembeli Syeikh Nabil dari Arab Saudi," kata Erwin di Payakumbuh, Sumatera Barat, Selasa (16/4) mengutip Antara.

Ia mengungkapkan, kehadiran Syekh Nabil ke Kota Payakumbuh tak lain untuk mengecek kesiapan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) rendang di kota tersebut sekaligus memastikan ekspor rendang jelang musim haji 2019 ini bisa terlaksana.

Meski telah memiliki pasar di Arab Saudi, dirinya mengaku, mengekspor rendang ke luar negeri bukan hal yang mudah. 

“Sebelum melakukan ekspor, kita harus lihat dulu tempat karena kita ekspor 10 ton rendang per hari untuk keperluan 35 ribu Jemaah selama 40 hari saat menunaikan ibadah haji,” lanjur Erwin.

Sementara itu, kebutuhan di Arab Saudi dikatakan Erwin bisa mencapai 210 ton rendang atau sekitar 13 sampai 15 kontainer.

"Kita sudah mulai berhitung untuk memenuhi kebutuhan yang 210 ton, kita akan kirim rendang jadi ke Arab Saudi untuk musim haji tahun 2019 ini," tambahnya.

Selain untuk mendapatkan garansi agar Kota Payakumbuh dinilai layak untuk mengekspor rendang ke Arab Saudi, Payakumbuh memberikan informasi sesuai dengan standar halal yang dibutuhkan pihak importir dari Arab Saudi. [RN]

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: