IKM Mind Jadi Jalan Perluasan Pasar Produk Lokal ke Luar Negeri

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
15 April 2019   14:00

Komentar
IKM Mind Jadi Jalan Perluasan Pasar Produk Lokal ke Luar Negeri

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- IKM Mind tengah disiapkan oleh kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam rangka memperluas pasar ekspor produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) di dalam negeri maupun luar negeri. 

"Nanti produk-produknya bisa dilihat secara tiga dimensi di IKM Mind. Jadi, ini sebagai tindak lanjut dari Program e-Smart IKM yang sudah berjalan," ujar Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Tangerang, Banten, Senin (15/4).

Dijelaskan Gati, nantinya sistem IKM Mind dapat digunakan oleh para IKM untuk memperkenalkan sekaligus menjual produk-produk andalannya, yang difasilitasi oleh Kemenperin.

Baca Lainnya : IKM Gerabah dan Keramik Memiliki Potensi Besar di Dunia Global

"Kami ingin secepatnya sistem ini bisa dibuat, sehingga IKM yang memang potensial untuk go digital bisa segera memanfaatkannya," kata Gati

Gati juga mengingatkan, bahwa di era Industri 4.0 IKM nasional perlu memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya.

Saat ini, pihaknya juga telah menargetkan 10.000 pelaku IKM di dalam negeri ikut menjadi peserta program lokakarya e-Smart IKM hingga akhir tahun 2019 dan langsung memanfaatkan teknologi digital.

“Program e-Smart IKM yang diluncurkan sejak Januari 2017 lalu, merupakan langkah konkret dari pemerintah saat ini yang ingin menyiapkan IKM nasional bisa go digital menuju revolusi Industri 4.0,” ungkap Gati.

Baca Lainnya : Presiden Jokowi Inginkan IKM Berkembang di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

Sementara itu, pada periode 2017-2018, total peserta workshop e-Smart IKM telah mencapai 5.945 pelaku usaha dengan total omzet sebesar Rp2,37 miliar.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku IKM nasional menjadi penting untuk mendongkrak daya saingnya hingga kancah global. Upaya ini dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan langkah-langkah prioritas yang tertuang di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Guna memacu peranan IKM nasional ada penerapan revolusi industri 4.0, kami terus mendorong mereka agar terlibat e-commerce yang diimplementasikan dalam program e-Smart IKM,” katanya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: