Entrepreneur, Profesi Paling Diminati Generasi Milenial

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
15 April 2019   09:00

Komentar
Entrepreneur, Profesi Paling Diminati Generasi Milenial

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Berdasarkan hasil riset perusahaan SEA yang merupakan induk dari Shopee, pekerjaan yang paling diminati generasi milenial adalah menjadi entrepreneur atau wirausahawan.

Menurut Kepala Economist SEA, Santitarn Sathirathai, wirausaha menempati pilihan pertama, baru setelah disusul pegawai negeri sipil (PNS), melanjutkan usaha keluarga, hingga bekerja di perusahaan startup.

"Wirausaha adalah pekerjaan paling populer di antara anak muda Indonesia, diikuti oleh PNS, dan usaha keluarga. Kemudian perusahaan multinasional, badan amal, perusahaan lokal besar, UKM, dan perusahaan startup," jelasnya beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya : Koperasi Sekolah Merupakan Embrio Pendidikan Wirausaha Sejak Dini

Survei yang diikuti oleh 14 ribu responden berusia di bawah 36 tahun tersebut, hampir 24,4% orang minat dengan wirausaha, PNS 17,1%, usaha keluarga 16,5%, perusahaan multinasional 11,4%, badan amal 9,5%, perusahaan lokal besar 8,8%, dan perusahaan startup 5,2%.

Namun, Santitarn menyampaikan bahwa wirausaha di Indonesia ternyata juga berkeinginan untuk beralih pekerjaan setelah melakoninya. Hal itu dikarenakan ketidakpastian dari penghasilan yang didapat.

"Anak muda yang meninggalkan dunia wirausaha lebih dilatarbelakangi oleh faktor stabilitas pendapatan daripada keseimbangan kehidupan kerja," katanya.

Baca Lainnya : Kemenperin Targetkan Bentuk 20.000 Wirausaha Baru IKM

Maka dari itu, ia menyampaikan solusi agar wirausaha milenial tetap konsisten menjalani usahanya, yakni memanfaatkan teknologi perdagangan online atau e-commerce.

"e-Commerce memiliki potensi untuk pendorong yang kuat membuka peluang ekonomi bagi mereka yang belum terpapar dengan teknologi digital," pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Pemadaman Listrik Merugikan Pelaku UMKM

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: