MIA Jadi Ajang Generasi Muda Unjuk Prestasi di Bidang Pertanian

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
13 April 2019   17:00

Komentar
MIA Jadi Ajang Generasi Muda Unjuk Prestasi di Bidang Pertanian

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam rangka meningkatkan peran serta milenial dan masyarakat umum, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengadakan 1st Millenial Indonesian Agropreneurs (MIA) 18 April-21 April 2019 di Bogor yang menjadikan ajang generasi muda unjuk prestasi di bidang pertanian.

"Bisa menjadi ajang untuk menumbuhkan minat berusaha, minat untuk bekerja bahkan minat untuk belajar di sektor pertanian. Bahkan menjadi momentum untuk mempromosikan Kelompok Wirausaha Muda Pertanian pada masyarakat," ujar Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono dalam konferensi pers 1st Millenial Indonesian Agropreneurs (MIA) dengan wartawan di Jakarta, Jumat (12/4).

Baca Lainnya : 4.720 Santripreneur Dilatih Kemenperin Tumbuhkan Kewirausahaan IKM

Kegiatan perdana skala nasional ini akan menghadirkan beragam produkmMulai dari Agro Mekanika Zone (alat, mesin dan contoh hasil proses olahan pangan), Coffee plus Zone (aneka produk perkebunan, hortikultura dan lainnya), hingga Momo plus Zone (aneka produk hasil unggas daging dan telur).

Lokasi 1st Millenial Indonesian Agropreneurs (MIA) akan diselenggarakan di Botani Square Mall Bogor selama 4 hari. Pada kesempatan tersebut pengunjung dapat bertukar pikiran dengan wirausahawan muda pertanian yang sudah sukses dan eksis.

Wirausahawan muda pertanian dari kisah sukses Kelompok Program Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) yang inovatif, kreatif dan mampu menembus komersial juga turut meramaikan kegiatan tersebut. 

Baca Lainnya : Kementan Siap Fasilitasi Agropreneur Milenial Terjun di Bidang Pertanian

Sebelumnya, PWMP merupakan program dari Kementerian Pertanian khususnya BPPSDMP dalam rangka menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru dari sektor pertanian dengan target utama sekolah pertanian lingkup Kementerian Pertanian, Mahasiswa Perguruan Tinggi Mitra dan Alumni dari Fakultas Pertanian terkait.

Kepala Pusat Pendidikan Idha Widi Arsanti menjelaskan, acara yang bertemakan "Peran Generasi Muda Pertanian Milenial dalam Pembangunan Pertanian" menjadi momentum untuk mempromosikan kelompok Wirausaha Muda Pertanian kepada masyarakat.

Selain itu ajang ini juga menjadi gebrakan untuk membuka peluang kerjasama/investasi dari dunia usaha terhadap dunia pendidikan, mempromosikan Polbangtan, PEPI dan SMKPP, serta menjadi wadah kolaborasi antara Pemerintah, akademis, swasta/industri dan para agropreneur.

Baca Lainnya : Sudah Saatnya Milenial Jadi Tanipreneur

“Tujuan penyelenggaraan MIA adalah untuk menumbuhkembangkan wirausahawan muda milenial pertanian yang kreatif dan inovatif dalam mendukung pembangunan pertanian, serta menarik minat generasi muda milenial untuk melanjutkan pendidikan tinggi vokasi pertanian khususnya ke Polbangtan, PEPI dan SMK-PP,” kata Idha.

"Banyak kegiatan yang millenial banget nantinya. Seperti Talkshow dengan berbagai guest star seperti Wanda Hamidah, Ahmad Zacky (founder BukaLapak), Teddy K. Somantri (Javanero) dan Rici Solihin (salah satu duta petani muda)," tambahnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: