Dana Desa Kini Fokus Digunakan untuk Tingkatkan Produk Unggulan

TrubusPreneur
By Binsar Marulitua | Followers 0
11 April 2019   09:44

Komentar
Dana Desa Kini Fokus Digunakan untuk Tingkatkan Produk Unggulan

Menko Polhukam, Sekretaris Kabinet, Menteri Dalam Negeri , dan Menteri Desa PDTT mendampingi Presiden Joko Widodo (Foto : Dok Setkab)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, arah pembangunan desa segera digeser ke hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan inovasi. Pengembangan desa nantinya tidak hanya infrastruktur melainkan menaikan produk lokal yang memiliki unggulan.

“Kalau ada produk-produk di desa, produk-produk lokal yang memiliki keunggulan, nah di situlah mulai diberikan suntikan agar menjadi sebuah produk yang memiliki kualitas, memiliki daya saing sehingga bisa dijual masuk ke kota masuk ke tingkat nasional,” ujar Jokowi  ujar Presiden saat menghadiri acara Silaturahmi Nasional Pemerintah Desa se-Indonesia di Stadion Tenis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Rabu (10/4) sore.

Jokowi menjelaskan untuk mengangkat produk lokal desa, titik fokusnya adalah dorong agar packaging-nya, kemasannya baik, diberi label yang baik, diberi merek yang baik, ada brand yang baik, angkat menjadi produk nasional lewat online, dengan marketplace. Kalau sudah dikenalkan ke tingkat nasional lalu ke global marketplace.

Baca Lainnya : Dana Desa Mampu Tekan Pengeluaran Petani Indonesia

“Yang paling penting  masuk ke marketplace tingkat nasional, kemudian dibawa ke global marketplace. Ini mulai dipikirkan ke arah itu,” ujar Kepala Negara.

Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan, produk di desa banyak sekali dan memiliki keunggulan, tetapi belum bisa diangkat karena berbagai problema yang seharusnya mudah diselesaikan,

“Kemasannya kurang baik, mereknya belum diberi label nama yang baik, desain kemasan yang masih belum baik. Hal-hal kecil seperti itu, bukan barangnya,” jelas Presiden.

Baca Lainnya : Bali Menjadi Salah Satu Pengelolaan Dana Desa Terbaik di Indonesia

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara ini Menko Polhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Desa PDTT Eko Sandjojo.

Penggunaan dana desa, menurut Jokowi, harus betul-betul diarahkan tepat sasaran.Saat ini  Indonesia memiliki 74.900 desa. Jadi kalau pemerintah sejak 2015 kemarin mengucurkan dana desa 20 triliun, 2016 47 triliun, 2017 60 triliun, 2018 60 triliun. Dan tahun ini, 2019, 70 trilun itu sudah betul dan memang wajib. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: