Pontianak Gelar Pembinaan UMKM untuk Jangkau Pasar Luar Negeri

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
11 April 2019   06:00

Komentar
Pontianak Gelar Pembinaan UMKM untuk Jangkau Pasar Luar Negeri

Ilustrasi produk UMKM (Foto : Trubus.id/Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Perhelatan talk show Crypto Funding dan Indonesia Bekerja (Inaker) bertajuk "UMKM Indonesia Menuju Masa Depan dengan Perkembangan Era Digital" dihadiri oleh ratusan pelaku UMKM di Kota Pontianak dan sekitarnya, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, CEO PT Kopral Digital Khatulistiwa, Imam Skaroni, menyampaikan komitmennya mengembangkan ekonomi lokal dengan target pasar tidak hanya dalam negeri namun juga luar negeri.

"Target pasar kita kedepan adalah agar produk yang sudah ada di Kota Pontianak dapat di pasarkan ke luar negeri, dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet," katanya.

Baca Lainnya : Tingkatkan UMKM Melalui Optimalisasi Program KUR

Dirinya menilai, dengan memanfaatkan internet tentu akan lebih mudah dan cepat dalam pemasaran produk UMKM.

"Potensi UMKM yang ada di Pontianak sangat banyak, tapi hanya menjual hasil UMKM masing-masing daerah, disinilah kita buat platform marketplace untuk UMKM," katanya.

"Kendalanya yang sekarang ini banyak pelaku UMKM hanya memasarkan produknya secara offline di kota masing-masing," tambahnya.

Imam mempunyai ide, agar para pelaku usaha UMKM bisa dibina dan dikembangkan dengan bergabung bersama mereka untuk mencapai target pasar ke luar negeri.

Baca Lainnya : Koperasi dan UMKM Perlu Direstrukturisasi

Guna mencapai target pasar tersebut pihaknya akan melakukan langkah-langkah strategis yakni, pertama, membangun home bisnis yang pasti perlu, dan mengadakan talkshow ke daerah-daerah.

"Talk show ini yang pertama di Kota Pontianak nantinya kita akan adakan ke daerah lain, dan produk dari sini akan kita bawa dan terus berputar," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM, Titin berharap bisa dibina secara berkesinambungan, sehingga mendapat omzet yang besar dan jaringan yang luas.

Baca Lainnya : Pemberdayaan UMKM Jadi Kebijakan Strategis DIY Atasi Kemiskinan

"Kami berharap kedepan kami dapat dibina secara berkesinambungan, begitu juga dengan sistem era digital ini kami berharap pembesaran kami semakin meluas, omzet meningkat dan kawan-kawan semakin banyak yang terbantu," katanya.

Pelaku UMKM lainnya dari IPEMI, Ines, mengungkapkan, pasca bergabung di INAKER dan PT Kopral Digital Khatulistiwa, dirinya merasa tertarik untuk berkarya, karena selama ini menurutnya perhatian dari pemerintah masih kurang.

"Selama ini sudah sering mengikuti pelatihan dari pemerintah, namun tidak ada langkah kedepan dari pemerintah untuk UMKM yang sudah kami buat," jelasnya. [NN]



 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: