Presiden Jokowi Inginkan IKM Berkembang di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

TrubusNews
Thomas Aquinus
10 April 2019   13:00 WIB

Komentar
Presiden Jokowi Inginkan IKM Berkembang di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

Presiden Jokowi resmikan jalan tol Paspro (Foto : Dok Antara)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo berharap kawasan industri kecil dan mikro (IKM) di Jawa Timur bisa berkembang lebih cepat setelah diresmikannya jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sebagai bagian dari jaringan tol trans-Jawa.

“Kita harapkan dengan tembusnya jalan tol akan terjadi mobilitas barang, orang dan logistik yang cepat, dan kita harapkan kawasan industri kecil mikro akan cepat berkembang,” ujar PresidenJoko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam acara peresmian jalan Tol Paspro di Gerbang Tol Pasuruan-Probolinggo Timur, Jawa Timur, seperti dikutip Antaranews, Jakarta, Rabu (10/4).

Jokowi menilai kawasan industri kecil dan mikro (IKM) sekitar berpotensi cepat berkembang karena akses logistik yang semakin mudah.

Baca Lainnya : Kemenperin Dorong Generasi Milenial Tumbuhkan IKM Alas Kaki Melalui IFCC 2019

Menurutnya, akses barang dan produk yang memasok UMKM dengan adanya tol itu bisa lebih mudah, murah dan efisien. “Dan akses tempat pariwisata tadi sudah disampaikan Ibu Gubernur (terdukung),” ujarnya.

Diakui Presiden Jokowi, selesainya jalan Tol Paspro memerlukan proses dan tahapan yang tidak sebentar. “Memang proses tidak instan, enggak. Memerlukan proses dan tahapan untuk menuju ke sana,” ujarnya.

Presiden mengatakan, kini semua bisa berbangga dan merasakan jalan tol dari Cawang di Jakarta hingga Probolinggo di Jawa Timur sepanjang 840 km.

Baca Lainnya : 10.000 IKM Digital Jadi Target Kemenperin

“Kalau kita lihat dari Cawang sampai Probolinggo sekarang sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat, dari Merak sampai Probolinggo tembus 962 km,” ujar Jokowi.

Dia kemudian menjelaskan target selanjutnya yakni menembuskan jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi sepanjang 1.148 km.“Berarti kurang 186 km Insha Allah tembusnya tahun 2021,” ujarnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Peran Perempuan dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Pendampingan   30 Juli 2020 - 16:14 WIB
Bagikan: