UMKM Peran Strategis Perekonomian, Kontribusi PDB Nasional Hingga 55,56 Persen

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
10 April 2019   07:00

Komentar
UMKM Peran Strategis Perekonomian, Kontribusi PDB Nasional Hingga 55,56 Persen

Ilustrasi produk UMKM (Foto : Trubus.id/Hadi Nugroho)

Trubus.id -- UMKM memiliki peran yang penting dan strategis dalam perekonomian. Bahkan, menurut Direktur BI Sumut, Andiwiana S mengungkapkan, kontribusi UMKM dalam pembentukan PDB cukup signifikan, yakni sebesar 55,56% dari total PDB (data nasional).

Saat ini perekonomian nasional untuk sektor UMKM menyerap 97,04 juta tenaga kerja atau 99,4% dari total angkatan kerja yang bekerja, dan untuk jumlah UMKM di Sumut mencapai 2,8 juta.

"Untuk jumlah UMKM di Sumut mencapai 2,8 juta itu adalah jumlah UMKM yang terdaftar dan terverifikasi pada Dinas Koperasi dan UMKM hanya sebesar 380.249 unit usaha dimana 97% berada di daerah perkotaan," ujarnya seperti dikutip Wartaekonomi, Selasa (9/4).

Baca Lainnya : Tingkatkan UMKM Melalui Optimalisasi Program KUR

Dijelaskannya, proporsi kredit UMKM terhadap total kredit, cenderung meningkat dan ekspansif terutama dalam dua tahun terakhir. Pada periode IV Tahun 2018 tercatat sebesar 30% dari total kredit dengan nominal sebesar Rp56,7 triliun. Kredit UMKM tersebut meningkat di level 8,0% (yoy) dibandingkan triwulan sebelumnya di level 5,6% (yoy). 

BI hingga kini terus fokus dalam melakukan pengembangan kemajuan UMKM. Oleh sebab itu beberapa waktu sebelumnya BI telah melakukan penandatanganan kesepakatan (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, PT Bukalapak dan PT Bank Sumut.

"Penandatanganan yang dilakukan kemarin merupakan inkubasi dari pola kerjasama antara pemerintah daerah, lembaga negara, badan usaha dan perbankan untuk meningkatkan jumlah UMKM dengan identitas kearifan lokal menuju platform digital," ujarnya.

Baca Lainnya : Koperasi dan UMKM Perlu Direstrukturisasi

Andiwiana mengatakan, BI terus melakukan edukasi, pendampingan secara berkelanjutan dan monitoring kepada UMKM yang berjalan online serta sinergi program dengan stakeholders terkait untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi UMKM.

"Hingga saat ini telah terdapat 29 UMKM yang siap untuk masuk ke platform digital melalui Bukalapak. kami berharap penandatanganan kesepakatan bersama itu menjadi langkah awal dari kerja bersama yang dilakukan menuju UMKM Binjai Go Digital dan menjadi permulaan UMKM Sumut Go Digital," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: