Bantuan Sosial Disalurkan Melalui 4 Program Andalan Kemensos

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
09 April 2019   11:00

Komentar
Bantuan Sosial Disalurkan Melalui 4 Program Andalan Kemensos

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyalurkan bantuan sosial (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyalurkan bantuan sosial saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tangerang, Senin (8/9). Adapun distribusi bantuan sosial terdiri dari empat program andalan Kementerian Sosial, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai Beras Sejahtera (BPNT Rastra), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan E-Warong dan KUBE Jasa.

“Alokasi PKH untuk Banten termasuk dalam 10 besar provinsi penerima terbanyak secara nasional” ujar Mensos dalam acara Sosialisasi Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di GOR Persada, Pondok Sukatani Permai, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Senin (8/4).

Adapun bantuan sosial tahap 2 yang didistribusikan untuk Kabupaten Tangerang adalah Bansos PKH untuk 93.924 keluarga sebesar Rp 59.119.700.000, BPNT Rastra untuk 131.555 keluarga sebesar Rp 14.471.050.000, KUBE untuk 300 keluarga sebesar Rp 600.000.000, dan E-Warong dan KUBE Jasa untuk 28 kelompok sebesar Rp 420.000.000.

Baca Lainnya : Penerima Bantuan Sosial PKH Balikpapan Mulai Ajukan Pengunduran Diri

Sementara itu, hingga bulan April 2019 Provinsi Banten telah menerima bantuan sosial PKH untuk 312.875 keluarga sebesar Rp 578.247.925.000, BPNT Rastra untuk 475.482 keluarga sebesar Rp 150.870.610.110, KUBE untuk 800 keluarga sebesar Rp 1.600.000.000, dan E-Warong dan KUBE Jasa untuk 150 kelompok sebesar Rp 2.250.000.000.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tangerang, Mensos juga menjelaskan beberapa upaya pemerintah guna menurunkan angka kemiskinan, antara lain memperluas target dan kenaikan anggaran program, transformasi penyaluran bantuan, integrasi bantuan berdasarkan Basis Data Terpadu, dan perubahan perilaku positif para penerima bansos melalui pendampingan sosial.

Lebih lanjut, Mensos menyatakan bahwa Kemensos akan mendorong KUBE dan E-Warong di tahun 2019 ini dan mengkaji ulang indeks BPNT.

Baca Lainnya : Bantuan Sosial Tahap 2 dan 3 Penerima PKH Mulai Dibagikan Mensos di Jawa Barat

“Jumlah KUBE dan E-Warong masih sangat kecil. Oleh karena itu, dua program ini akan kami tingkatkan dengan mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar segera graduasi sehingga ibu-ibu yang masih dalam antrian segera menikmati PKH. Kami juga sedang membahas indeks BPNT di lintas kementerian, keuangan, dan BAPENAS,” terang Mensos.

Peningkatan indeks BPNT diharapkan dapat meringankan beban makanan keluarga dengan tiga anak. Sebab, selama ini bantuan sebesar Rp 110.000 per bulan rata-rata hanya mencukupi untuk keperluan mereka selama tujuh hingga sepuluh hari. Kedepannya, peningkatan indeks BPNT dapat membantu keluarga tiga anak selama sepuluh hingga empat belas hari.

Baca Lainnya : Bantuan Sosial PKH Tahap 2 Seluruh Indonesia Cair Bulan April

Di bagian lain, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Dr. Ir. R. Harry Hikmat dalam laporannya menjelaskan, Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai di Kabupaten Tangerang bertujuan untuk mendorong kemandirian.

"Harapannya bansos ini dapat kembali menurunkan angka kemiskinan secara signifikan,” ujar Harry seperti dilansir dari Biro Humas Kemensos. [NN]

Penyaluran Bansos PKH dan BPNT di Kabupaten Tangerang juga dihadiri Wakil Gubernur Banten, Bupati Tangerang, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang, Forkompinda Kabupaten Tangerang, dan Direksi Bank BRI, kegiatan ini juga dihadiri pejabat Eselon I dan II dari Kementerian Sosial. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: