DPMPTSP-DKI Beri Kemudahan Membangun Usaha Mikro Kecil

TrubusNews
Thomas Aquinus
26 Mar 2019   12:30 WIB

Komentar
DPMPTSP-DKI Beri Kemudahan Membangun Usaha Mikro Kecil

Ilustrasi UMK (Foto : Trubus.id / Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta terus memfasilitasi dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. Selain itu DPMPTSP juga menyediakan lingkungan yang mampu mendorong pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) secara sistematik, mandiri dan berkelanjutan melalui kebijakan dalam aspek kemudahan perizinan usaha.

“Kami senantiasa memberikan dukungan nyata terhadap usaha mikro dan kecil di Jakarta. Salah satunya dengan aktif melakukan sosialisasi mengenai kemudahan perizinan usaha secara langsung kepada pengusaha mikro dan kecil," kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra melalui keterangan tertulis, Senin (25/3).

Benni mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilakukan kerap melibatkan berbagai stakeholder baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk menularkan semangat “urus izin sendiri itu mudah”.

Baca Lainnya : PLUT-KUMKM Tasikmalaya Disambut Antusias Pelaku Koperasi dan UMKM

"PTSP terus mengomunikasikan berbagai kebijakan dan inovasi layanan dengan cara kolaboratif dalam menularkan semangat Urus Izin SENDIRI itu MUDAH," kata Benni.

Adapun kegiatan sosialisasi kemudahan perizinan usaha mikro dan kecil telah dilaksanakan beberapa lokasi seperti di Mal Basura, Jatinegara, Jakarta Timur. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta berkaloborasi dengan pengelola Mal dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) DKI Jakarta dalam rangkaian kegiatan Duta Muslimah Preneur 2019.

“Kegiatan ini dihadiri oleh para pengusaha wanita muslimah kususnya yang bergerak pada usaha mikro dan kecil. Untuk itu kami berkolaborasi dengan tujuan mendorong peningkatan perekonomian di Jakarta melalui penguatan Ekonomi Kerakyatan atau Usaha Mikro dan Kecil," kata Benni.

Baca Lainnya : Pemerintah Perlu Fasilitasi UMKM Secara Komprehensif dari Hulu hingga Hilir

Sebagaimana diketahui, berdasarkan database perizinan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta disebutkan sebanyak 45.164 izin/non izin yang termasuk kategori Usaha Mikro dan Kecil berhasil diterbitkan selama periode tahun 2018 sampai dengan awal Maret 2019.

Total 45.164 izin/non izin tersebut, dengan rincian sebanyak 19.795 merupakan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan 25.369 Izin/non izin terkait usaha mikro dan kecil lainnya yang terdiri dari Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Mikro dan SIUP Kecil, Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT) dan Surat Keterangan Usaha (SKU). [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Menkop UKM Ungkap 5 Masalah Utama yang Hambat Perkembangan UMKM

Keuangan Mikro   15 Nov 2019 - 08:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Sistem IDM Dapat Membantu Pembangunan Desa Mandiri

Pendampingan   15 Nov 2019 - 06:52 WIB
Bagikan: