Hartanto dan Petani Kebumen Produksi Gula Semut untuk Pasar Eropa dan Amerika

TrubusNews
Karmin Winarta
24 Mar 2019   13:00 WIB

Komentar
Hartanto dan Petani Kebumen Produksi Gula Semut untuk Pasar Eropa dan Amerika

Gula semut produksi Kebumen siap ekspor (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jika Trubus Mania suka nongkrong di kafe-kafe kekinian dan memesan secangkir kopi, barista akan memberikan beberapa pilihan gula, gula putih dan merah. Gula putih, seperti yang kita kenal berasal dari tebu. Sementara, gula merah bersal dari gula kelapa atau biasa disebut gula semut.

Nah gula merah ini kini sedang populer di negara-negara Eropa. Karena gula merah diyakini lebih sehat dibanding gula putih.

Dan salah satu penghasil gula semut berkualitas ekspor ini adalah Kebumen. Produksi gula semut di daerah ini telah diekspor ke beberapa negara. Salah satu pebisnis gula semut itu adalah Hartanto Wicaksono. Bedanya dengan produk lain, gula semut Hartanto ditanam dan diproses secara organik.

Ia telah mengantongi Sertifikasi organik insternasional.

Laki-laki ini sejak awal tahun 2014 telah menekuni bisnis gula semut. Saat itu ia mendampingi para petani gula di lima desa di Kebumen dan Banyumas telah memproduksi bahan baku gula semut. 

Namun mulai tahun 2015 sampai sekaran, ia bersama timnya memproduksi gula semut siap ekspor. Kenapa ia memilih menjadi pebisnis, bukan sebagai PNS seperti teman-teman sebayanya waktu itu?

Baca Lainnya: Dengan Hidroponik, Sekarang Faris Sukses Jadi Petani Kekinian

"Saya labih suka berusaha sendiri karena mempunyai waktu yang labih bebas, lebih bisa mengembangkan diri dengan berbagai ide dan gagasan, " katanya kepada Trubus.id

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan:          
Bagikan: