Jokowi Ingin Petani Sawit Pindah ke Durian, Ini Tips Peluang Usahanya

TrubusNews
Thomas Aquinus
20 Mar 2019   17:00 WIB

Komentar
Jokowi Ingin Petani Sawit Pindah ke Durian, Ini Tips Peluang Usahanya

Ilustrasi (Foto : Trubus.id / Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah mengajak petani sawit mulai pindah ke budi daya durian. Dirinya menginginkan agar para petani lebih agresif menanam durian ketimbang kelapa sawit karena harganya yang anjlok dan memiliki sejumlah permasalahan di Uni Eropa. Namun sebelum itu, ada baiknya Trubus Mania menyimak beberapa peluang usaha yang dapat diambil dari buah yang dikenal dengan "King fruit" ini.

Disamping rasanya yang unik dan lezat, durian juga memiliki kandungan gizi yang baik selama dikonsumsi sebagaimana mestinya dan tidak berlebihan. Beruntungnya, buah yang hanya ada di negara-negara tropis tertentu ini tumbuh subur di negara yang kita cintai ini.

Jika Trubus Mania menginginkan buka usaha durian dengan modal terbatas jangan merasa patah semangat, karena saat ini hal tersebut sudah bisa dilakukan. Sebagai pemula, dalam memulai usaha apapun pasti akan mengalami masa kesulitan. Namun jangan menyerah, disini kamu akan diajak mempelajari dasar-dasar peluang usaha bisnis durian yang menguntungkan.

Pedagang durian (Foto: Trubus.id/Hadi Nugroho)

Nah, apa saja usaha yang Trubus Mania bisa jalankan dengan buah durian sebagai pilihan kamu? Berikut ulasannya.

1. Pembibitan Buah Durian

Melakukan pembibitan buah durian merupakan ide bisnis yang bagus mengingat besarnya minat petani untuk membudidayakan pohon buah durian. Disamping harga jual bibit relatif mahal terutama pada buah durian tertentu seperti durian Montong ataupun durian bawor yang disebut-sebut sebagai buah durian lokal yang sangat potensial.

Menggeluti pembibitan buah durian pun tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan modal besar serta tidak memerlukan lahan yang luas. Sehingga bisnis ini sangat cocok di jadikan peluang usaha bagi mereka yang tinggal di daerah dengan lahan terbatas dan modal usaha minimal.

2. Budi Daya Tanaman Buah Durian

Bagi Trubus Mania yang memiliki lahan cukup luas dan ingin berinvestasi jangka panjang dan menjanjikan, maka ada baiknya menanam pohon buah durian sebagai usaha menjanjikan masa depan bagus juga bisa jadi pilihan.

Konsumen pecinta durian (Foto: Trubus.id/Hadi Nugroho)

Nah, ada beberapa alasan yang bisa diterima dan masuk akal adalah bahwa buah durian memiliki harga yang sangat baik bahkan pada musim panen raya sekalipun. Selain itu, pohon durian juga bisa tumbuh baik di sebagian besar daerah di Indonesia dan tidak memerlukan persyaratan khusus dan perawatan yang ribet.

Jika di daerah Trubus Mania banyak ditemui pohon durian itu artinya tanah di sekitar tersebut sangat cocok untuk dijadikan pembudidayaan penanaman pohon tersebut.

3. Jualan Buah Durian

Bagi Trubus Mania yang tinggal di kota atau tidak memiliki lahan yang cukup untuk melakukan bisnis seperti dua contoh diatas,maka berjualan durian adalah ide paling pas. Begitu besar potensi yang di dapat dengan berjualan durian dan bisa dijalankan dari cara tradisional hingga secara modern.

Modal terbatas? Kamu bisa membeli durian pada musim durian di daerah anda dari petani atau pengepul buah durian untuk di jual kembali ke konsumen.

Harga durian sangat tergantung dengan kualitas dan rasa serta jenis dan banyaknya pasokan durian yang di masing-masing daerah dan waktu berbeda-beda, oleh sebab itu durian tidak memiliki harga yang pasti. Trubus Mania harus pandai mempelajari tentang harga pasaran dan jenis-jenis durian yang akan dijadikan lahan bisnis ini.

Buah durian (Foto: Trubus.id/Hadi Nugroho)

Jika rumah kamu berada di depan jalan raya, maka  kamu bisa membuka jualan durian di depan rumah dengan memajang di rak-rak sederhana atau menggantungnya agar mudah terlihat pengendara dan mengincar pencinta durian untuk mampir.

Jika mempunyai modal lebih dan ingin membuka usaha jualan durian sepanjang waktu tanpa mengenal musim, alternatif terbaik adalah membuka toko modern khusus buah durian.

Di kota-kota besar cara seperti ini sangat umum dan banyak dijumpai, bahkan di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia penjualan durian langsung makan ditempatnya dibuat begitu mewah dan berkelas.

Kamupun bisa memulai bisnis serupa terutama jika daerah di bidik adalah area perkotaan. Sementara itu, buah bisa didapatkan dari buah lokal maupun buah durian import agar penjualan bisa berlangsung sepanjang tahun.

4. Jualan Es Durian

Kamu bisa berjualan es durian sebagai alternatif lain jika memiliki kepiawaian dalam meracik menu es durian. Disamping keuntungan yang lebih besar dengan modal yang lebih kecil berjualan es durian sangat potensial terutama pada saat siang hari dan di daerah dengan daya beli yang baik.

Eskrim durian (Foto: Trubus.id/Hadi Nugoroho)

Berjualanya pun bisa bervariasi dari cara tradisional dengan gerobak hingga anda yang bermodal dengan membuka restoran modern khusus berjualan es durian.

Nah, apakah Trubus Mania punya ide lain? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya. [NN]

 

  3


500 Karakter

Artikel Terkait

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan:          
Bagikan: