Inovatif, BUMDes Kurnia Makmur Buka Usaha Variasi Pemasangan Audio Mobil

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
15 Mar 2019   12:00

Komentar
Inovatif, BUMDes Kurnia Makmur Buka Usaha Variasi Pemasangan Audio Mobil

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Desa Karanggede, Kecamatan Boyolali Kota mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kurnia Makmur yang terbilang inovatif. BUMDes Karanggaede membuka usaha variasi pemasangan audio, dan jok mobil. Namun yang menarik, kegiatan usaha itu tidak didirikan di desa setempat melainkan dibangun di tengah kota Boyolali.

Lokasi usaha itu berada di Jalan Jendral Sudirman, Kompleks Setda Boyolali Terpadu. Lokasi tanah menyewa dari orang lain. ‘’Kami optimistis BUMDes usaha audio ini semakin berkembang,’’ ujar Kades Karanggeneng, Suparji, Kamis (14/3).

Suparji mengungkapkan pendirian BUMDes bertujuan untuk mendongkrak pendapatan desa. Hasilnya, akan digunakan untuk mendukung kemakmuran desa dan masyarakat. ‘’Kami sudah menggelontor modal Rp 100 juta dan akan ditambah Rp 70 juta pada tahun ini,’’ ujarnya.

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Dorong Produk BUMDes Memiliki Standar Ekspor

Selain jasa variasi pemasangan audio pada mobil, Kades menyampaikan bahwa sebagian dana juga digunakan untuk mendukung usaha di bidang pariwisata seperti memanfaatkan embung desa sebagai lokasi wisata.

‘’Embung sudah jadi dan kami juga sudah memberikan bibit buah-buahan untuk ditanam di kawasan embung. Nantinya, pengelolaan wisata embung diserahkan kepada BUMDes,’’ ujarnya.

Disampaikan Suparji, saat ini kawasan embung sudah menjadi tujuan warga untuk bersantai seperti memancing atau sekedar mencari udara segar sambil menikmati suasana dengan aneka ragam tanaman.

Baca Lainnya : Mendes PDTT Usulkan BUMDes Kelola Dana Desa Bangun Bioskop Desa

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto mendukung pembentukan BUMDes Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota. Pihaknya berharap BUMDes tersebut bisa berkembang dengan baik.

‘’Kunci utama pada pengelolaan, kami optimistis BUMDes ini bisa berkembang,’’ pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: