Kenaikan Dana Desa Belum Efektif Pangkas Pengangguran di Desa

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
15 Mar 2019   08:00

Komentar
Kenaikan Dana Desa Belum Efektif Pangkas Pengangguran di Desa

Ilustrasi dana desa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Anggaran dana desa yang disiapkan pemerintah diketahui terus meningkat, namun ternyata kenaikan dana desa tersebut belum efektif memangkas tingkat pengangguran di perdesaan.

Sebelumnya di dalam APBN 2019, pemerintah telah mengalokasikan dana desa senilai Rp70 triliun, lebih tinggi dari penyaluran dana desa 2017 dan 2018 yang sebesar Rp60 triliun. Di sisi lain, pemerintah berencana meningkatkan alokasi dana desa hingga mencapai Rp400 triliun dalam waktu 5 tahun ke depan.

Dikatakan Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto, mengungkapkan, tingkat pengangguran terbuka di perdesaan tercatat mencapai 4,04% sepanjang 2018, atau sedikit mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang menyentuh 4,01%.

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Serahkan Dana Desa Rp140,8 Miliar ke Kabupaten Manokwari

Meski demikian, hal tersebut justru berbanding terbalik dengan tren penurunan tingkat pengangguran terbuka di perkotaan. Tingkat pengangguran terbuka di perkotaan tercatat sebesar 6,45% sepanjang 2018, atau menurun dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 6,79%.

"Pengangguran di desa meningkat walau relatif kecil, meskipun sudah ada dana desa. Artinya, mungkin dana desa belum menjadi obat yang cukup mujarab untuk meningkatkan kesejahteraan di pedesaan," katanya dalam konferensi pers "Pemanasan Jelang Debat Ketiga: Menyelesaikan Masalah Struktural Ketenagakerjaan", di Jakarta, Kamis (14/3).

Eko menilai pemerintah perlu memastikan agar penyaluran dana desa lebih efektif dalam menciptakan lebih banyak kesempatan kerja di daerah perdesaan.

Hingga saat ini, alokasi dana desa sejak pertama kali digulirkan pemerintah pada tahun anggaran 2015 telah mencapai Rp257 triliun. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: