Mensos: Peningkatan Anggaran Bansos Percepat Penanganan Kemiskinan

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
13 Mar 2019   18:00

Komentar
Mensos: Peningkatan Anggaran Bansos Percepat Penanganan Kemiskinan

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto : Dok Setkab)

Trubus.id -- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, gagasan meningkatkan alokasi anggaran bantuan sosial berdampak pada percepatan penanganan masalah kemiskinan.

Dikatakan Mensos, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) September 2018, presentase kemiskinan sebesar 9.66 persen merupakan capaian penting, meskipun juga secara riil jumlah warga kurang mampu tidak kecil.

“Maka usulan meningkatkan anggaran bantuan sosial termasuk PKH dan BPNT bisa dipandang sebagai upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan masalah kemiskinan. Di lain pihak, juga untuk mendorong proses graduasi KPM, sehingga bansos bisa dialokasikan untuk warga kurang mampu lainnya,” ujar Mensos usai menghadiri kegiatan Sosialisasi PKH dan BPNT di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya : Puan: Program Bantuan Sosial Beri Dampak Penurunan Angka Kemiskinan

Dalam kesempatan tersebut, Mensos juga menyaksikan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahap l Tahun 2019, senilai total Rp64.213.060.000 untuk Kabupaten Lumajang.

Penyaluran bantuan ini merupakan pencairan bantuan sosial Tahap l tahun 2019. Untuk Kabupaten Lumajang, bansos PKH mencakup 46.398 keluarga dengan nilai Rp54.327.250.000, sementara BPNT mencakup 89.871 keluarga dengan nilai Rp9.885.810.000.

Secara umum, pada penyaluran bansos Tahap l Tahun 2019, Kementerian Sosial menyalurkan bansos Rp2,284,533,755,000 untuk Provinsi Jawa Timur.

Baca Lainnya : Rp6 Miliar Bansos Program Keluarga Harapan Sudah Disalurkan di Kalbar

Menurut Mensos, presentase angka kemiskinan menjadi sebesar 9,66 persen memiliki makna penting karena juga dibarengi dengan penurunan indeks gini, yakni 0,381.

“Ini bukti nyata bahwa bansos termasuk di dalamnya PKH dan BPNT efektif dan punya dampak langsung dalam penurunan angka kemiskinan. Namun di sisi lain, kenaikan anggaran juga harus dibarengi dengan pengawasan sehingga pengelolaan anggaran bansos tepat sasaran,” ujar Mensos. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: