Kemendes PDTT Serahkan Dana Desa Rp140,8 Miliar ke Kabupaten Manokwari

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
13 Mar 2019   19:00

Komentar
Kemendes PDTT Serahkan Dana Desa Rp140,8 Miliar ke Kabupaten Manokwari

Ilustrasi dana desa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Kabupaten Manokwari menerima dana desa sebesar Rp140,8 miliar dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2019. Dana tersebut direncanakan akan digunakan untuk membangun kampung-kampung di wilayahnya.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo pada Rabu (13/3) mengungkapkan, alokasi dana desa dari pemerintah pusat untuk daerahnya meningkat 14,69 persen dibanding tahun sebelumnya.

Edi mengupayakan aparat kampung bersama warga mengelola dana tersebut sebaik-baiknya untuk membangun kampung.

Baca Lainnya : Pemerintah Izinkan Dana Desa 2019 untuk Pemberdayaan Masyarakat

"Susun perencanaan secara baik dan laksanakan sesuai ketentuan agar memberi manfaat yang besar bagi pengembangan kampung," ujar Edi.

Edi juga mengigatkan agar aparat kampung sebaik mungkin menyampaikan laporan pertanggungjawaban pemanfaatan dana desa supaya tidak sampai berurusan dengan aparat penegak hukum karena korupsi.

"Dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat merupakan berkat tersendiri bagi kita, namun di sisi lain menuntut kita untuk serius dalam merencanakan, memanfaatkan dan mempertanggungjawabkan agar tidak timbul masalah dikemudian hari," ujarnya.

Baca Lainnya : Mendes PDTT: Dana Desa Rp400 Triliun Selama 5 Tahun Kedepan Sangat Dimungkinkan

Pemerintah Kabupaten Manokwari juga mengalokasikan dana untuk pembangunan kampung dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dirinya berharap dana desa menjadi pendukung upaya memajukan kampung.

"Kegiatan-kegiatan yang tidak membutuhkan dana terlalu besar tapi mendesak namun belum bisa dilaksanakan melalui anggaran pemerintah daerah, diharapkan bisa dapat terlaksana melalui dana desa," ujarnya.

Edi mengatakan saat ini seluruh distrik di Manokwari sedang melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan. Ia ingin hasil musyawarah itu bisa menjadi masukan dalam penyusunan program kerja pemerintah kabupaten tahun 2020. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: