Kampung Wirausaha Online Tingkatkan Ketrampilan Marketplace Pelaku UMKM Blitar

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
12 Mar 2019   15:00

Komentar
Kampung Wirausaha Online Tingkatkan Ketrampilan Marketplace Pelaku UMKM Blitar

Ilustrasi warga belajar foto produk makanan (Foto : Trubus.id/Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Hadirnya kampung Wirausaha Online di Desa Gogolatar Kaweron, Kabupaten Blitar membuka ruang bagi para Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan warga Blitar dalam berkreasi serta belajar berwirausaha. Diharapkan, kampung Wirausaha Online ini dapat membantu meningkatkan kapasitas diri dan keterampilan warga Blitar mengenai bisnis online dan marketplace. 

Kampung Wirausaha Online diresmikan oleh Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urib Widodo, Bima Laga, Associate Vice President of Public Policy & Government Relation Bukalapak dan Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak. Turut hadir perwakilan, Bank Indonesia, Bank Jawa Timur, Kepala dinas Koperasi dan Usaha Menegah Blitar, serta Komunitas Bukalapak dan warga Blitar.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak mengungkapkan kampung Wirausaha Online nantinya akan menjadi daerah percontohan bagi pengembangan wirausaha (UMKM) online di daerah yang dibina langsung oleh Komunitas Bukalapak Blitar.

Baca Lainnya : Perguruan Tinggi Harus Sesuaikan Kebutuhan Pasar Kerja dan Bangun Kewirausahaan

"Ada sekitar lebih dari seribu warga yang tinggal di kampung ini yang siap untuk dibina oleh teman-teman dari Komunitas Bukalapak Blitar. Komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia selalu menanamkan nilai-nilai saling berbagi, bergotong royong untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat," kata Fikri dalam sambutannya, Senin (11/3).

Ditambahkan Fikri, Bukalapak sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah provinsi Jawa Timur dalam mendukung pemerataan penetrasi digital di masyarakat.

Kampung Wirausaha Online akan digunakan oleh Komunitas Bukalapak dan warga Blitar untuk kegiatan seperti Kelas Ngelapak, workshop, kopdar bulanan, pengembangan potensi untuk wirausaha perempuan sehingga dapat mendorong dan mendukung penuh warga Blitar yang ingin maju dan menggunakan teknologi dalam berwirausaha online.

Baca Lainnya : Pemprov DKI Gencarkan Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu

Selain itu kampung Wirausaha Online juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti internet gratis, ruang kerja bersama, dan pendampingan wirausaha pemula untuk menambah keahlian warga Blitar melalui berbagai pelatihan terkait berjualan online.

Hingga kini, Komunitas Bukalapak sudah tersebar di 142 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 30 ribu. Komunitas Bukalapak Blitar sendiri tumbuh secara pesat dan aktif memperluas jaringan serta berbagi pengetahuan dan pengembangan kapasitas diri. Saat ini Bukalapak Blitar memiliki 100 anggota yang tergabung. Peresmian Kampung Wirausaha Online ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Komunitas Bukalapak Blitar ke-2. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: