8 Tips Berhemat Khusus Milenial yang Suka Boros

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
12 Mar 2019   06:00

Komentar
8 Tips Berhemat Khusus Milenial yang Suka Boros

ilustrasi menabung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kaum milenial yang berusia 20 tahun-an adalah masa terpenting dalam hidup seseorang. Dalam fase yang ini, seseorang kemungkinan akan mengalami banyak proses, seperti membangun karir yang sukses, memperluas lingkaran sosial dan jaringan. Nah, dengan banyaknya proses yang dilaluinya, penting bagi kaum milenial menyeimbangkan antara mencapai tujuan hidup dan bersenang-senang.

Sebagai tahap awal, mulailah dengan mengasah keterampilan mengatur anggaran. Dengan begiini, kamu dapat mengelola uang yang diperoleh dengan susah payah sehingga dapat menyalurkan uang ke dalam hal yang paling penting dalam tujuan Anda.

Nah, berikut ini adalah tips mengatur anggaran keuangan kamu:

1. Sisihkan tabungan

Menumbuhkan budaya menabung merupakan cara yang sangat penting. Kamu bisa menyisihkan setidaknya 10% hingga 25% dari pendapatan bulanan hingga pada akhirnya kamu harus memutuskan berapa rasio yang paling cocok untuk tujuan dan kebutuhan gaya hidup kamu.

Tips lain adalah kamu menyimpan tabungan di rekening yang terpisah dari rekening bulanan.

2. Catat setiap pengeluaran bulanan

Catat setiap pengeluaran bulananmu agar pengeluaran kamu bisa terkontrol. Dengan rajin mencatat, kamu akan tahu persis ke mana saja uang dikeluarkan dan apa yang harus dikurangi. Jika perlu, kamu dapat menggunakan aplikasi pencatatan pengeluaran bulanan yang banyak tersedia di google playstore.

Baca Lainnya : Dihadapan Mahasiswa, Menteri Perdagangan Bagi Tips Sukses Jadi Pengusaha

3. Sadari pengeluaran tetap dan tak tetap

Dengan mencatat rincian pengeluaran, kamu dapat mengetahui setiap pengeluaran yang berbeda. Pengeluaran tetap seperti biaya sewa, tagihan telepon, dan pembayaran cicilan memang tidak dapat dikurangi dalam jangka pendek, namun dengan mencatatnya maka dengan sadar kamu dapat mengurangi pengeluaran lainnya.

4. Kurangi pengeluaran kecil

Meski terasa tidak penting, namun pengeluaran kecil seperti segelas kopi di kedai kopi ternama dapat terus bertambah tanpa sadar. Kamu bisa mengalokasikan pengeluaran terssebut ke arah lebih bermakna, seperti membayar tagihan kartu kredit atau menambah tabungan.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mencoba alternatif yang lebih murah seperti beralih membeli kopi di kedai-kedai kopi. Atau mungkin kamu bisa membuat kopi sendiri sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Lainnya : Tidak Butuh Modal Besar, Ini 4 Tips Usaha Para Pecinta Kucing

5. ‘Bersihkan’ media sosial dari iklan-iklan

Dengan membersihkan iklan-iklan promosi di media sosial kamu, ,maka hal tersebut akan cenderung mengurangi pembelian impulsif dan tidak perlu.

6. Gunakan kartu kredit dengan pintar

Penggunaan kartu kredit tidak selamanya menjebak kamu dengan hutang. Kamu bisa dengan jeli menggunakan kartu kredit kamu untuk memperoleh diskon-diskon besar, poin reward, dan cashback.

Penting untuk memilih kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan gaya hidup, sehingga kamu dapat menikmati lebih banyak promo yang ditawarkan untuk setiap pembelanjaan. Namun, jangan lupa yang terpenting adalah membayar tagihan kartu kredit tepat waktu secara penuh untuk mencegah bunga yang lebih besar.

Baca Lainnya : 4 Tips Buka Bisnis Kedai Kopi Kekinian

7. Selalu punya rencana darurat

Jika kamu adalah seseorang yang rajin menabung, mungkin kamu sudah memiliki jumlah yang cukup untuk mengejar tujuan hidup, seperti liburan panjang atau membeli mobil. Tetapi bagaimana jika yang tak terduga terjadi?

Pastikan saldo kamu memiliki cukup uang yang disisihkan sebagai dana darurat. Kamu mungkin tidak dapat memprediksi kapan membutuhkannya, tetapi dengan dana darurat kamu dapat menangani segala kemungkinan.

8. Jangan lupa untuk manjakan diri, sesekali

Mengatur anggaran secara ketat mungkin akan membosankan. Jika kamu merasa kehilangan kebebasan untuk kepuasan diri sendiri, maka tidak ada salahnya menggunakan uang kamu untuk memanjakan diri.

Kamu dapat menyisihkan sejumlah kecil uang untuk keperluan hiburan. Dengan menganggarkan sebagian uang untuk keperluan tersier, kamu tidak akan merasa bersalah telah mengeluarkan uang tersebut. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: