Menteri BUMN Inginkan Rest Area Tol Sumatera Libatkan Pelaku UMKM

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
11 Mar 2019   07:00

Komentar
Menteri BUMN Inginkan Rest Area Tol Sumatera Libatkan Pelaku UMKM

ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri BUMN Rini M Soemarno berharap rest area (tempat istirahat) yang tersedia di Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asli dari Provinsi Lampung.

"Saya ingin rest area ini dipadati oleh seluruh UMKM dan usaha asli Lampung, karena kita ingin memajukan daerah, jadi harus ada dukungan dari pelaku usaha," ujar Rini saat meninjau Jalan Tol Trans Sumatera, Lampung, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, jika rest area dipenuhi oleh pengusaha UMKM asli Lampung, maka ekonomi akan mendongkrak ekonomi di daerah ini semakin berkembang. Selain itu, juga akan membuka investasi dan banyak produk asli lampung yang bisa dijual, bahkan dibawa untuk oleh-oleh.

Baca Lainnya : Ganjar Respon Keluhan Pelaku UMKM, Ubah Pabrik Gula Jadi Rest Area

Banyak produk asli Lampung yang bisa dijual, mulai dari keripik pisang, kopi, coklat dan lainnya, hal tersebut karena Lampung memiliki banyak sekali industri rumahan yang telah bersertifikat halal dan sudah ada pemeriksaan dari BPOM.

"Untuk pemilihan usaha dan UMKM yang akan berjualan di rest area, Pemrov Lampung memiliki wewenang dan menentukan yang layak berada di sana," ujarnya.

Dengan terbukanya peluang untuk pelaku UMKM menempati rest area tol yang baru diresmikan Presiden tersebut, Menteri BUMN berharap pemerintah di Lampung agar bisa memilih UMKM yang akan berjualan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Baca Lainnya : Presiden Jokowi Dukung Sertifikasi Halal Produk UMKM

Rini menjelaskan, di Tol  Trans Sumatera ruas Nakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 Km akan dibangun delapan tempat istirahat.

"Ada empat di sisi kanan dan empat di sisi kiri, dan pengerjaan salah satu rest area yang dipercepat di KM 87 karena untuk mengejar masa mudik lebaran tahun 2019," ujarnya.

Dengan dikebutnya pengerjaan tempat istirahat di KM 87 ini akan mempermudah penyediaan sarana seperti mushola, pom bensin, dan fasilitas lainnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: