Sri Mulyani: Pembiayaan UMi Merupakan Pelengkap dari Program KUR

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
03 Mar 2019   06:00

Komentar
Sri Mulyani: Pembiayaan UMi Merupakan Pelengkap dari Program KUR

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program yang menjadi pelengkap dari Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Ini diberikan kepada seluruh usaha yang ultra mikro, artinya yang meminjam di bawah Rp10 juta, dengan tingkat bunga yang sama dengan Kredit Usaha Rakyat, sehingga dia cukup sangat meringankan dibandingkan dengan sumber pembiayaan selama ini,” ujar Sri Mulyani baru-baru ini.

Menurut Sri Mulyani, anggaran Program UMi berasal dari anggaran APBN yang dimulai tahun 2017. Total anggaran yang dikelola oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) di bawah Kemenkeu adalah sebesar Rp 7 triliun. Tahun 2017 dimulai dengan Rp1,5 triliun, kemudian ditambahkan Rp2,5 triliun, dan dimasukkan lagi Rp3 triliun.

Baca Lainnya : Darmin Nasution: Peroleh KUR, Nasabah Tidak Perlu Agunan

“Dari Rp7 T yang sudah dikumpulkan oleh PIP, disalurkan melalui berbagai lembaga-lembaga yang memiliki kapasitas untuk menyalurkan dana ultra mikro, yaitu PT Pegadaian, PNM, serta Bahana Artha Ventura,” kata Menkeu seperti dilansir dari setkab.

Dijelaskan Menkeu, program pembiayaan ini dilaksanakan dalam rangka untuk bisa menjangkau pengusaha ultra mikro namun tetap memiliki kemampuan untuk memonitor dan membimbingnya, melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas usaha mereka.

Di Provinsi Gorontalo yang merupakan provinsi yang masih baru sekali mendapatkan UMi, ada 273 debitur, dengan total pinjaman Rp1,89 miliar. Di Kabupaten Gorontalo ada 198 debitur dengan jumlah pinjaman Rp1,38 milar, Kabupaten Bone Bolango sebesar Rp190 juta dengan 27 debitur, Boalemo dengan 24 debitur Rp150 juta, untuk kabupaten yang lain yaitu Gorontalo Utara dan Pohuwato baru disalurkan Rp82 juta rupiah.

Baca Lainnya : Darmin Nasution Dorong Pelaku Usaha Wisata Gunakan KUR Pariwisata

Menkeu menjelaskan, dari total anggaran Rp7 triliun untuk UMi, sekarang ini baru tersalurkan Rp2 triliun.

“Jadi sebetulnya ada anggarannya. Kapasitas di dalam menyalurkan barangkali yang akan kami evaluasi lebih banyak lagi,” pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: