Inilah Langkah KUMKM di Garut untuk Naik Kelas

TrubusNews
Thomas Aquinus
22 Feb 2019   08:00 WIB

Komentar
Inilah Langkah KUMKM di Garut untuk Naik Kelas

Pekan Raya Kabupaten Garut 2019 (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan bahwa sinergitas antara program pemberdayaan KUMKM (Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah), anggaran dan seluruh stakeholders yang djalankannya selama ini menjadi langkah yang diambil agar pelaku KUMKM dapat naik kelas. 

"Saya berharap pelaku usaha mikro bisa naik kelas menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan menengah menjadi besar. Sudah menjadi kewajiban Pemda untuk mewujudkan hal tersebut, Garut memiliki 51 ribu lebih UKM. Kita juga memiliki Lembaga Keuangan Mikro atau LKM milik Pemda. Namun, itu semua masih terasa kurang" ujar Rudy saat acara Pekan Raya Kabupaten Garut 2019 di Garut, Jawa Barat, Kamis (20/2).

Baca Lainnya : KUKMP Jakarta Pusat Targetkan 5.600 Wirausaha Baru di 2019

Dengan kehadiran KUR, Rudy mengakui sangat membantu peningkatan kinerja KUMKM di Garut. Dikatakannya sudah ratusan miliar rupiah dari KUR dinikmati oleh UKM di Garut. NPL KUR di Garut juga terbilang rendah. Itu bukti bahwa UKM Garut penuh komitmen mengembalikan KUR. 

Sementara terkait koperasi, Rudy mengatakan, dari sekitar 1500 koperasi yang ada di wilayahnya, mayoritas merupakan koperasi yang aktif.

"Yang tidak aktif akan terus kita bina agar sesuai dengan kaidah koperasi yang baik dan berkualitas. Yang tidak bisa dibina lagi, maka koperasi itu akan dibubarkan," tandas Rudy. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: