KUKMP Jakarta Pusat Targetkan 5.600 Wirausaha Baru di 2019

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
20 Feb 2019   21:00

Komentar
KUKMP Jakarta Pusat Targetkan 5.600 Wirausaha Baru di 2019

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Suku Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Jakarta Pusat menargetkan mencetak 5.600 wirausaha baru pada 2019. Ribuan calon wirausaha baru itu akan dicetak melalui program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Bangun Richard, Kepala Suku Dinas KUKMP Jakarta Pusat menjelaskan, masyarakat yang ingin mengikuti program PKT bisa mendaftar secara online atau datang langsung ke kantor kecamatan setempat dengan melampirkan fotokopi KTP dan KK.

"Pesertanya bisa dari masyarakat pencari kerja dan ingin memulai wirausaha, ataupun masyarakat yang telah memiliki usaha dan ingin meningkatkan usahanya," kata Richard.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Suku Dinas KUKMP Jakarta Pusat, Julius Effendi mengungkapkan, saat ini program PKT masih dalam tahap pendaftaran. Ditargetkan peserta yang mendaftar bisa mencapai 8.000 orang.

Baca Lainnya : Trubus Bina Swadaya Grup dan BTPN Sepakat Kolaborasi Bangun Kewirausahaan Warga

"Kita akan buka terus pendaftaran. Pelatihannya sendiri dimulai 10 April 2019," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara menargetkan mampu melahirkan 27.799 wirausaha di tahun 2019. Target tersebut, mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2022.

"Tahun lalu (2018) kita berhasil mencetak 9.071 wirausaha, baik pemula maupun yang naik kelas," terangnya.

Menurutnya, sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, terdapat tiga sasaran, yakni pencari kerja, wirausaha pemula, dan wirausaha naik kelas.

Baca Lainnya : Ridwan Kamil Sambut Gembira Perda Kewirausahaan di Jabar, Ini Manfaatnya

Program ini, dikatakannya, bertujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan warga.

Adi mengajak warga yang ingin bergabung menjadi wirausaha untuk mendatangi sekretariat Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) di kantor kecamatan terdekat. Nantinya, peserta difasilitasi akses pemasaran hingga permodalan.

Untuk diketahui, ada tujuh tahapan dalam program ini yakni, Pendaftaran, Pelatihan, Pendampingan, Perizinan, Pemasaran, Pelaporan Keuangan, dan Permodalan. Tahapan ini juga sering disebut sebagai metode tujuh langkah pasti akan sukses (7 PAS). [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: