Trubus Bina Swadaya Grup dan BTPN Sepakat Kolaborasi Bangun Kewirausahaan Warga

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers 0
15 Feb 2019   14:28

Komentar
Trubus Bina Swadaya Grup dan BTPN Sepakat Kolaborasi Bangun Kewirausahaan Warga

Trubus Swadaya dan BTPN berkolaborasi (Foto : Karmin Winarta / Trubus.id)

Ada kesamaan misi dan visi antara Trubus Bina Swadaya Grup (TBS) dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). TBS fokus dalam mengembangkan kewirausahaan sosial dan mendorong para stakeholder, baik pemerintah maupun sektor swasta, untuk berperan dan peduli terhadap pengembangan usaha-usaha mikro dan kecil masyarakat. 

Karena kesamaan visi dan misi ini, TBS dan BTPN yang bertemu di Kampus Diklat Wisma Hijau Cimanggis, Depok, Jumat (15/2) bermaksud melakukan kerjasama pemberdayaan kepada khalayak yang lebih luas. Khususnya para nasabah yang terdiri dari para pengusaha kecil dan menengah (UMKM), para pensiunan, dan tentu juga generasi milenial.

"Sebagai institusi pemberdayaan kita ingin kerjasama itu lebih luas supaya pemberdayaan ini semakin luas. Dengan rencana kerjasama ini semoga makin banyak lagi masyarakat yang kita berdayakan”, kata Dr. Ir. Raffi Paramawati, Direktur Utama Trubus Swadaya Utama. 

Raffi menambahkan, ada banyak kegiatan yang selama lebih dari lima dekade telah dijalankan antara lain menerbitkan majalah Trubus sebagai trend setter agribisnis di Indonesia dan buku-buku lifeskill sebagai panduan berwirausaha. Serta, menjadi fasilitator pelatihan dan pendampingan agribisnis yang sudah melahirkan banyak pelaku agribisnis.

Baca Lainnya: Strategi Kekinian ala Bina Swadaya untuk Menguatkan Negara

Selain itu, juga memberikan penghargaan “Trubus Kusala Swadaya” setiap dua tahun sebagai apresiasi kepada para pegiat keberdayaan masyarakat, sekaligus salah satu pendorong semangat masyarakat untuk memberdayakan masyarakat.

BTPN pun telah melakukan pemberdayaan kepada nasabahnya yang berjumlah 1,4 juta orang. Beberapa di antaranya adalah Program Pelatihan Wirausaha untuk prapensiun dengan instansi-instansi pemerintah (POLRI, BKN, LAN, dsb).

Januar Rusdianto, Daya Program Development Head, BTPN  mengungkapkan bahwa mereka ingin menyiapkan para pensiunan untuk menjadi enterpreneur lebih dini. Sehingga ketika waktu pensiun mereka tiba, mereka terus bisa beraktivitas dan tetap mendapatkan income meskipun telah berhenti dari instansi tempat mereka berkerja.

Dia berharap dapat bekerja sama dengan Trubus, untuk menyiapkan para pensiunan agar bisa terjun dalam dunia usaha, seperti agribisnis. 

“Kerjasama BTPN dan Trubus perlu ditingkatkan menjadi lebih strategis karena selama ini BTPN dan Trubus sudah bekerjasama dengan sangat baik dalam pengembangan komunitas dan pelatihan persiapan pensiun. Selain itu BTPN dan Trubus memiliki kesamaan visi untuk meningkatkan kesejahteraan mass market Indonesia.”, kata Januar.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: